Diskusi Celvin

Selesai
Celvin
Ditanyakan pada: Fungsi Async Keyword

apa perbedaan async dan promise?

4 Jawaban

Avatar
Faisal Hanafi

setahun yang lalu

Async dan Promise adalah dua fitur JavaScript yang berbeda untuk menangani operasi yang memakan waktu lama atau asynchronous.

Async adalah keyword JavaScript yang digunakan untuk membuat fungsi asynchronous. Fungsi asynchronous akan berjalan di latar belakang tanpa menghentikan eksekusi program utama.

Promise adalah objek JavaScript yang mewakili operasi yang belum selesai dan akan memberikan nilai pada masa yang akan datang. Ini memungkinkan kakak untuk menangani hasil dari operasi asynchronous secara terstruktur.

Secara singkat, async digunakan untuk membuat fungsi asynchronous, sedangkan Promise digunakan untuk menangani hasil dari operasi asynchronous

Avatar
BroKoding

setahun yang lalu

Halo kak, pada javascript premise adalah bagian dari asynchronous. Jadi mereka bukan bertolak belakang melainkan berkorelasi.

Premise mulai dikenalkan pada ES6 yakni sebagai sebuah objek yang menghasilkan nilai di masa depan. Sedangkan asynchronous adalah suatu konsep atau teknik pada javascript dimana proses async ini dapat berjalan dibelakang layar (bisa berjalan paralel).

Avatar
Muchammad Rizky Yudistira

setahun yang lalu

HI Kak, Async sendiri merupakan sebuah fungsi yang mengembalikan sebuah Promise. Sedangkan Promise merupakan sebuah "Janji. Logikanya, cara kerja Promise sama seperti selayaknya membuat janji dengan seseorang.

Untuk penjelasan lebih detailnya ada di https://www.kawankoding.id/javascript-promise/ dan https://www.kawankoding.id/javascript-async-await/

Avatar
Levianth

setahun yang lalu

Halo kak :D

Mungkinkah pertanyaan ini belum terselesaikan atau kakaknya terlupakan untuk menutup pertanyaan ini? Dan misalkan kakak rasa sudah terbantu dengan pertanyaan ini atas jawaban maintainer diatas maka terima kasih ya kak sudah bertanya di forum maintainer, dan jika kakak rasa memiliki pertanyaan lainnnya silahkan buka pertanyaan baru ya kak :D

Maka dari itu izinkan saya untuk menutup pertanyaan ini ya kakak dan jika ada pertanyaan lain silahkan tanyakan lagi ya kak :D

Terima kasih~!