Diskusi Riky Chandra Saputra

Selesai
Riky Chandra Saputra
Ditanyakan pada: Struktur Dasar Algoritma

Struktur Dasar Algoritma

Untuk Struktur Dasar Algoritma bagian Perulangan. saya belum jelas dengan contohnya, apakah bisa memberikan contoh yang lain?

3 Jawaban

Avatar
Muchammad Rizky Yudistira

2 tahun yang lalu

Hi kak, untuk perulangan sendiri bisa menggunakan struktur For,While,Do.. While. Untuk perulangan algoritma For sendiri kurang lebih memiliki struktur seperti begini. For variabel:=kondisiAwal to kondisiAkhir do statemen; Contoh nya :

Program Loop1;
uses crt;
var i:integer;
Begin
   For i:=1 to 100 do
   Begin
      writeln('Nama Saya');
   End;
   Readln;
end.

Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat di https://dafunda.com/tekno/algoritma-perulangan/

Avatar
BroKoding

2 tahun yang lalu

Hi kak, kalau dari saya mungkin yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah fundamental atau dasar dari perulangan itu sendiri. Dalam pemrograman, perulangan ditujukan untuk mengulangi suatu proses untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh dalam kegiatan sehari-hari misalnya dalam berkendara kendaraan bermotor kita ingin mencapai gigi 5, maka kita juga melakukan sebuah perulangan yakni menaikkan 1 gigi dari netral hingga ke 5 (urutannya : netral -> 1 -> 2 -> 3 -> 4 ->5). Atau contoh lain semisal kegiatan menyetrika pakaian, disini kita akan menyetrika pakaian satu per satu hingga selesai, nah yang proses yang diulangi yakni menyetrika satu pakaian dan menggantinya ke pakaian baru bila sudah selesai, proses ini dilakukan hingga kita selesai menyetrika seluruh pakaian.

Avatar
Achmat Fajri

2 tahun yang lalu

Contohnya bisa diambil pada website yang ada sesi loginnya. Jadi ketika kita ingin login dan memasukan user serta password yang benar(true), maka akan berhasil login dan lanjut pada halaman selanjutnya. Tetapi ketika user atau passwordnya salah (false), maka akan kembali ke halaman login. proses ini akan terus diulang sampai user dan password kita dimasukkan dengan benar baru bisa lanjut ke halaman berikutnya. Semoga bisa dipahami kak :)