Diskusi Irfan jarulloh

Irfan jarulloh
Ditanyakan pada: Instalasi Sass

sass

C:\Users\ASUS>npm install -g sass 'npm' is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.

C:\Users\ASUS>

donwload sass nya malah seperti ini

5 Jawaban

Avatar
Muchammad Rizky Yudistira

setahun yang lalu

Hi Kak, apakah sudah menginstall node js ? Jika belum install terlebih dahulu. Danj jika sudah, namun tidak berjalan coba jalankan perintah npm i sass

Semoga Membantu

Avatar
BroKoding

setahun yang lalu

Halo kak, dari error message nya ini karena belum melakukan instalasi node package manager. Node package manager atau npm ini sendiri instalasinya bersamaan dengan nodejs. Oleh karena itu pertama wajib install terlebih dahulu, cukup install nodejs maka npm akan otomatis juga ikut terinstall.

Link download : https://nodejs.org/en/download

Cukup pilih OS sesuai yang dipakai, klik next dan next seperti biasa setelahnya apabila sudah terinstall maka buka cmd baru dan jalankan npm -v

Avatar
Levianth

setahun yang lalu

Hi kak~!

Mungkin kakak bisa lakukan hal ini ya :

Pesan error "npm is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file." menandakan bahwa Node.js tidak terinstal dengan benar di komputer Anda. Solusinya adalah dengan menginstal Node.js terlebih dahulu sebelum menginstal Sass. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Kunjungi situs resmi Node.js di https://nodejs.org/ untuk mengunduh versi terbaru Node.js. Pilih versi Node.js yang sesuai dengan sistem operasi Anda, kemudian unduh dan instal seperti biasa. Setelah berhasil menginstal Node.js, buka terminal atau command prompt dan ketikkan perintah "npm -v" untuk memastikan npm (Node Package Manager) sudah terinstal dengan benar. Jika npm sudah terinstal, kemudian jalankan perintah "npm install -g sass" untuk menginstal Sass secara global pada komputer Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat menginstal Sass dengan sukses. Pastikan juga Anda sudah terhubung dengan internet saat menjalankan perintah "npm install -g sass" agar proses penginstalan dapat berjalan dengan lancar.

Semoga membantu~! :D

Avatar
Faisal Hanafi

setahun yang lalu

Pesan error "npm is not recognized as an internal or external command" menunjukkan bahwa Node.js dan NPM belum terinstal atau belum terkonfigurasi dengan benar pada komputer kakak.

kakak perlu menginstal Node.js terlebih dahulu sebelum kakak dapat menggunakan NPM dan menginstal Sass. kakak dapat mengunduh Node.js dari situs web resmi Node.js (https://nodejs.org). Setelah menginstal Node.js, coba jalankan kembali perintah npm install -g sass pada terminal.

Pastikan juga bahwa path instalasi Node.js dan NPM ditambahkan ke path sistem kakak. kakak dapat menguji ini dengan menjalankan perintah npm -v pada terminal. Jika kakak masih mengalami kesulitan, cobalah untuk mencari solusi yang lebih spesifik untuk permasalahan kakak atau berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman.

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

setahun yang lalu

Itu karena aplikasi node.js belum terinstall. Node js bisa didownload dari link berikut https://nodejs.org/en/download

Setelah terinstall silahkan cek dengan command node -v