Diskusi Fakhrul Rozi

Selesai
Fakhrul Rozi
Ditanyakan pada: Pendahuluan JQuery

Jquery dan React Js

Izin bertanya Apakah Jquery dengan React Js adalah sama-sama library Javascript ? dan manakah yang lebih banyak digunakan untuk saat ini ?. Terima Kasih

3 Jawaban

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

2 tahun yang lalu

Jquery dan ReactJS sama2 library Javascript tapi penggunaannya berbeda. Tidak bisa dibandingkan. Jquery merupakan library yang bisa kita gunakan untuk membuat animasi dropdown menu misalnya ataupun untuk penggunaan AJAX yang lebih sederhana. Sedangkan ReactJS adalah library yang digunakan untuk membangun UI.

Kalau berdasarkan statistik dari website https://w3techs.com/technologies/comparison/js-jquery,js-react pemakaian Jquery lebih banyak. Ini disebabkan karena jQuery banyak dijadikan dependency dari library lainnya. Seperti Bootstrap v4 yang menggunakan jQuery sebagai dependencynya.

Avatar
BroKoding

2 tahun yang lalu

Hi kak, secara konsep jquery dan react ini sedikit berbeda. Jquery adalah library utility yang memungkinkan developer untuk membangun aplikasi web menggunakan javascript, sering juga dimanfaatkan untuk manipulasi DOM (Document Object Model). Sedangkan react adalah library yang memungkinkan untuk melakukan embedding html menggunakan javascript. Kalau ditanya lebih banyak mana, keduanya masih banyak digunakan. Namun dilihat dari tahun dikenalkannya, react lebih baru dan banyak dipakai dalam aplikasi web modern.

Avatar
Levianth

2 tahun yang lalu

Sepertinya jawaban dari maintainer diatas sudah jelas kak, kalo begitu izinkan saya untuk menutu pertanyaan ini ya kak, Terima kasih~!