Diskusi Mursalat Asyidiq

Selesai
Mursalat Asyidiq
Ditanyakan pada: Hook

Error Handling

Mau tanya, apakah logger ini bisa digunakan ketika ada kesalah syntax dari golang itu sendiri, semisal index dari map yang tidak ditemukan atau ada kesalahan dalam penulisan code, sehingga golang akan close ketika ada error tersebut? dan jika ingin menyimpan error kedalam database tanpa perlu di simpan dalam file terlebih dahulu apakah proses insert ke databasenya disimpan dalam hook atau dalam fungsi lain?

2 Jawaban

Avatar
BroKoding

13 hari yang lalu

Halo kak, untuk menghindari kesalahan yang tidak diperkirakan secara umum kita bisa menggunakan try and catch. Untuk code yang ingin "dipantau" kita tulis dalam try block dan pada catch block kita catat logger untuk error atau exception yang dilempar. Jika kita ingin menyimpan error log ke dalam database kita bisa insert ke database pada saat hook nya terpanggil.

Avatar
Faisal Hanafi

5 hari yang lalu

hallo kak Jadi logger dapat digunakan untuk mencatat error seperti kesalahan syntax atau kesalahan dalam penulisan kode dalam aplikasi Go. Namun, aplikasi Go akan tetap tertutup jika terjadi kesalahan fatal seperti error index dari map yang tidak ditemukan. Adapun soal menyimban error sebenarnya kakak bisa menyimpan error ke database langsung dalam fungsi atau prosedur tersendiri tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu dalam file. Proses insert ke database biasanya dilakukan dalam fungsi atau prosedur tersendiri, dan dapat dipanggil dari hook atau dari mana saja yang kakak inginkan dalam aplikasi.