Developer & Desain: Membangun Dasar UI/UX yang Solid
Kelas **"Developer & Desain: Membangun Dasar UI/UX yang Solid"** adalah panduan komprehensif untuk memahami dasar UI/UX, mulai dari definisi, peran, hingga pentingnya dalam pengembangan aplikasi. Dengan tools seperti Figma, kamu akan belajar teknik desain responsif, slicing desain ke kode, serta prinsip UX seperti user-centered design dan pengujian usabilitas. Kelas ini dirancang untuk membantu developer dan designer berkolaborasi menciptakan produk digital yang solid dan user-friendly.
Tentang Kelas
Kelas "Developer & Desain: Membangun Dasar UI/UX yang Solid" memberikan panduan komprehensif untuk memahami dan menguasai dasar-dasar UI/UX, baik dari sisi desain maupun implementasi teknis. Dengan fokus pada kolaborasi antara designer dan developer, kelas ini dirancang untuk membantu kamu menciptakan pengalaman pengguna (UX) yang solid dan antarmuka pengguna (UI) yang menarik.
Dalam kelas ini, kamu akan mempelajari perbedaan peran UI/UX, pentingnya UI/UX untuk programmer, dan pengenalan tools seperti Figma. Kamu juga akan diajarkan teknik-teknik desain, termasuk layouting, tipografi, hingga slicing desain ke kode yang responsif. Materi dilengkapi dengan prinsip-prinsip UX seperti user-centered design, konsistensi, feedback, dan pengujian usabilitas sederhana, sehingga hasil akhirnya sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Materi yang Akan Dipelajari:
-
Dasar-dasar UI/UX:
- Definisi UI/UX dan perbedaan peran antara keduanya.
- Pentingnya UI/UX dalam pengembangan aplikasi modern.
-
Pengenalan Tools UI/UX:
- Overview tools populer seperti Figma.
- Keunggulan Figma dibandingkan software lain.
- Cara menggunakan plugin & community files untuk mempercepat proses desain.
-
Teknik Desain UI:
- Layouting, pemilihan warna, dan tipografi.
- Responsive design: Membuat desain yang adaptif di berbagai perangkat.
- Mengaplikasikan layout dan komponen ke kebutuhan coding.
-
Slicing Design ke Coding:
- Langkah-langkah slicing desain ke kode.
- Design handover yang proper dari designer ke programmer.
-
Prinsip UX:
- User-Centered Design: Memahami kebutuhan pengguna.
- Konsistensi dalam desain untuk meningkatkan user experience.
- Feedback dan responsiveness pada elemen UI.
- Pengujian usabilitas sederhana untuk memastikan kualitas desain.
-
Kolaborasi Developer & UI/UX Designer:
- Best practices dalam bekerja sama untuk menghasilkan produk digital yang unggul.
Target Peserta:
Kelas ini cocok untuk pemula hingga menengah yang ingin memahami dasar UI/UX dan menguasai kolaborasi desain-developer untuk menciptakan produk digital yang solid.
Hasil yang Diharapkan:
Setelah menyelesaikan kelas ini, kamu akan mampu:
- Memahami dasar-dasar UI/UX serta tools yang digunakan.
- Menerapkan teknik desain responsif menggunakan prinsip UI/UX yang solid.
- Melakukan slicing desain ke kode dan bekerja sama dengan developer secara efektif.
Bergabunglah sekarang dan pelajari cara membangun produk digital yang mengesankan dengan dasar UI/UX yang solid!
Daftar Materi
Definisi UIUX | 03:28 | |
Perbedaan Peran UIUX | 04:17 | |
Pentingnya UIUX untuk Programmer | 04:10 | |
Tools UIUX Designer | 05:17 | |
Tools UIUX Designer | 05:17 | |
Keunggulan Figma dibanding software lain | 02:46 | |
Pengenalan Figma | 11:46 | |
Plugin & Community Files untuk Figma | 08:23 | |
Layouting, Warna dan Typography | 21:16 | |
Responsive Design | 04:59 | |
Responsive Design | 04:59 | |
Mengaplikasikan Layout & Komponen ke kebutuhan coding | 05:18 | |
Slicing Design ke Coding | 05:57 | |
Design Handover yang proper dari Designer ke Programmer | 11:59 | |
Prinsip UX User Centered Design | 04:40 | |
Prinsip UX Konsistensi dalam Design | 02:49 | |
Prinsip UX Feedback dan Responsiveness | 03:18 | |
Prinsip UX Pengujian Usabilty Sederhana | 06:14 | |
Best Practices Developer & UIUX Designer | 05:41 |
Penyusun Materi
Testimoni Oleh Siswa
(2 reviews)