Breaking : Text Editor Atom Berhenti Beroperasi Akhir Tahun Ini !

Muchammad Rizky Yudistira
Senin, 20 Juni 2022 pukul 15.45
Breaking : Text Editor Atom Berhenti Beroperasi Akhir Tahun Ini !

Hola Coders ! Bagaimana kabar nya ? Semoga kalian semua sehat dan baik saja ya ! . Dalam membangun sebuah program, tentunya kita membutuhkan software atau text editor untuk menterjemahkan codingan dari bahasa manusia ke bahasa pemrograman.

Jenis teks editor sendiri sangat beragam, dimulai dari microsoft dengan Visual Studio Code nya, lalu ada Sublime Text dan Github dengan Atom. Nah, baru baru ini, beredar kabar kurang sedap bagi pengguna text editor Atom.

Atom sendiri adalah sebuah teks editor yang dirilis pada 26 Febuari 2011. Atom sendiri adalah software yang open source alias terbuka untuk siapa yang ingin mengembangkan software nya dan gratis. Menurut survey yang dikutip dari codersera.com. atom berada di posisi nomor 3 sebagai text editor yang sering digunakan developer / programmer pada tahun 2021.

Beredar kabar bahwa, Github, selaku vendor / pengembang dari Atom baru saja merilis pernyataan bahwa, Atom akan “retirement” atau berhenti beroperasi oleh Github yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2022 atau tahun ini. Tentu hal ini begitu mengagetkan bagi pengguna text editor atom. Dilansir dari laman blog Github, menjelaskan bahwa penyebab dari “retire” nya atom adalah karena pengembangan atom mengalami stagnasi selama bertahun - tahun tanpa adanya penambahan fitur kedalam nya. adapun faktor lain adalah karena faktor teknologi cloud.

“Proyek open source menerima pembaruan pemeliharaan dan keamanan selama bertahun-tahun, tetapi klaim bahwa keterlibatan komunitas dalam Atom menurun saat alat berbasis cloud baru muncul.” dihimpun dari Blog Github.

Sebagai gantinya, Github mengalihkan fokus kepada pengembagan teknologi cloud nya sendiri.

Untuk pengguna Atom, jangan khawatir. Atom masih bisa di download di website resmi Atom yakni atom.io . sedangkan repositori Atom di Github masih bisa diakses sampai tanggal 15 Desember 2022.

So, gimana tanggapan nya guys ? tulis di kolom komentar ya !

Tags:
Infoatomgithub texteditorvisualstudio