0

0

0

share


#HarisHasanudin#BAIK#IGNSDK#rilis
0 Reaksi

0 Komentar

Software Development Kit: Rilis Terbaru IGN SDK dan BAIK Kepoin Yuk!

Profile

Ridwan Fajar24 Mei 2014

Software Development Kit: Rilis Terbaru IGN SDK dan BAIK Kepoin Yuk!

Software Development Kit: Rilis Terbaru IGN SDK dan BAIK Kepoin Yuk! - Halo teman - teman programmer Indonesia, pernah mendengar apa itu software development kit (sdk) atau apa itu BAIK ? bahkan atau mungkin sudah pernah mencoba salah satu atau keduanya? Jika belum mengenal arti IGN SDK dan BAIK, maka yuk kita ulas sampai tuntas pada artikel kali ini.

Software development kit (sdk) dan BAIK adalah merupakan sebuah produk yang dibuat oleh asli orang Indonesia. Bahasa pemrograman BAIK merupakan singkatan dari Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer. Sebuah bahasa pemrograman dengan sintaks bahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Pak Haris Hasanudin. Sedangkan IGN SDK (IGOS Nusantara Software Development Kit) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan teman - teman untuk membuat aplikasi desktop dengan menggunakan HTML/HTML5 + Javascript + CSS/CSS3, dengan demikian teman - teman yang biasa membuat aplikasi web dapat juga membuat aplikasi desktop dengan IGN SDK.

Baca Juga Yuk: Ayo Unduh Development Tools untuk Windows 10

Bagi teman - teman yang antusias terhadap kedua teknologi tersebut, kami sajikan beberapa update rilis yang telah disediakan oleh IGNSDK ataupun BAIK. Berikut kita lihat terlebih dahulu update rilis dari IGN SDK yang rilis dengan versi 1.1.5

Apa Itu IGN SDK

IGN SDK adalah kependekan dari IGOS Nusantara Software Development Kit bisa dikembangkan menggunakan bahasa HTML, CSS, JavaScript, JQuery dan sebagainya. Dengan menggunakan IGN-SDK dapat di build menjadi aplikasi yang berjalan di GNU/Linux. Karena penulis menggunakan GNU/Linux turunan Debian, maka aplikasi penulis biasanya build .deb yg bisa berjalan di 32bit maupun 64bit.

Cara Install Software Development Kit (SDK) IGN SDK

Sebelum memasang dan menjalankan aplikasi, ikuti yuk cara install IGN-SDK terlebih dahulu. Berikut cara simpel install IGN SDK yang perlu kamu ketahui.

sudo add-apt-repository ppa:ignsdk/sdk
sudo apt-get update
sudo apt-get install ignsdk

Baca Juga Yuk: Kesalahan Programmer Saat Jadi Mahasiswa IT

Apa Itu Bahasa Pemrograman BAIK

Sejauh ini bahasa pemrograman apa yang sudah kamu kenal? mungkin diantara kalian sudah mengenal Java, PHP, HTML, C, Ruby, Python dan sebagainya. Lalu pengertian bahasa BAIK yaitu salah satu bahasa pemrograman yang diciptakan oleh talenta Indonesia sebagai alternatif terbaik untuk dipelajari oleh junior programmer/pemula. Mengapa? karena bahasa BAIK cukup sederhana sehingga mudah dipelajari siapa saja.

Tujuan utama yang mendasarkan bahasa BAIK rilis adalah sebagai media untuk menyalurkan skills talenta digital dengan bahasa yang mudah di ikuti menggunakan bahasa Indonesia. Bukan hanya sebagai alibi, karena sintaks bahasa BAIK sepenuhnya menggunakan struktur bahasa Indonesia.

    1. API baru untuk mengatur proxy Berguna bagi pengguna yang menggunakan aplikasinya di lingkungan yang hanya bisa mengakses internet lewat proxy, cek di http://goo.gl/vqJtto
    1. Mode live preview Tidak perlu menjalankan perintah ignsdk -p path/to/app/ tiap mengubah kode sumber untuk menjalankan preview-nya. Cukup jalankan perintah sekali saja, ubah kode sumber, simpan, dan voila, tampilan aplikasi akan berubah secara otomatis cek di http://goo.gl/4QekR8.
    1. Pengemasan beberapa Filesystem API yaitu ada fs.isExist, fs.isWritable, fs.isSymlink, dan sebagainya. Menjadi satu API yang ringkas, Filesystem Info API. Beberapa Filesystem API tersebut masih tetap ada. 
    1. FS List API yang fungsinya sama dengan command ls (list) di Linux http://goo.gl/bTUofW
    1. Error handling SQL API http://goo.gl/h2XvmI">http://goo.gl/h2XvmI

Image

Sedangkan untuk  update rilis dari BAIK versi 8.15 dapat Anda lihat seperti berikut ini:

  • Kode ditulis dalam bentuk plain text dalam ejaan bahasa Indonesia.
  • Text editor (misal: Notepad di Windows, Emacs di Linux) bisa dipakai untuk menulis kode.
  • Kode program tidak perlu di-compile. Kode source sebaiknya berakhiran .ina (indonesia).
  • Variable dalam BAIK tidak memerlukan pendefinisian terlebih dahulu.
  • Pendefinisian Fungsi/Sub Prosedur.
  • Array/Larik (dalam BAIK disebut Untaian) hanya ada dalam satu dimensi.
  • BAIK bisa digunakan untuk Web System melalui CGI (Common Gateway Interface).
  • BAIK bisa juga digunakan untuk membuat network program (TCP/IP sederhana).
  • BAIK memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga bisa juga diterapkan untuk embedded system berbasis Linux/Unix, misalnya robot.
  • Mengakses Database: Mysql, SQLite, Postgresql, Oracle (bukan default)
  • Menulis kalimat SQL dengan ejaan Indonesia (translasi sql)
  • Membuat file gambar dengan grafik pustaka : GD versi 2.0 ke atas.
  • fungsi pengolahan data statistik
  • fungsi pengecek koneksi jaringan dengan Ping
  • membuat file gambar dengan format PNG and JPG
  • pembuatan aplikasi desktop dengan GTK+ versi 2.10 ke atas.
  • Fitur mencetak dengan Printer pada program aplikasi desktop
  • Penambaham komponen GUI untuk program aplikasi desktop Komponen BUKU (Multi Tab) Komponen RANTING_POHON (Tree) Komponen TOMBOL_BERIKON
  • Karakter Multi Byte pada program aplikasi desktop

Kesimpulan Software Development Kit (SDK)

Keduanya memiliki peran yang bagus untuk pelajar atau pemula yang baru mempelajari programming. Fungsi SDK sangat bermanfaat dan struktur penggunaannya menggunakan bahasa dasar seperti bahasa HTML, CSS, JavaScript, JQuery dan sebagainya.

Bahasa BAIK adalah bahasa pemrograman yang memiliki struktur pembelajaran mudah dan bisa dipelajari siapa saja karena struktur keseluruhan menggunakan bahasa Indonesia.

Nah itulah beberapa update rilis yang telah disediakan oleh IGN SDK dan BAIK. Setelah mengenal apa itu software development kit dan pengertian bahasa BAIK. Kalian tertarik untuk mendalami dunia programming lebih dangkal lagi? jika iya, lalu kamu bisa cek berbagai materi belajar pemrograman dari CODEPOLITAN.

CODEPOLITAN adalah salah satu platform media belajar pemrograman bahasa indonesia yang mudah di pelajari oleh siapa saja. Strukturnya jelas dan langsung dari mentor profesional di bidang programming.

Semoga teman - teman dapat mencobanya baik itu untuk keperluan eksperimen ataupun pekerjaan. Selamat mencoba :D

sumber:

http://sourceforge.net/projects/baik/files/baik-bin-linux/baik%20versi%208.15%20linux/ http://blog.ignsdk.web.id/?p=940

0

0

0

share