0

0

0

share


#belajarpemrograman#sertifikasiinternasional#sertifikasideveloper#sertifikasialibabacloud
0 Reaksi

0 Komentar

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Individu

Profile

Prasatya5 Juli 2024

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Individu

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Individu - Halo Talenta Digital apa kabar? Akhirnya yang ditunggu-tunggu yaitu program Beasiswa Coding senilai RP 2,5 Juta Rupiah dari DevHandal Telah Dibuka! Siapanih yang sudah daftar di program Beasiswa Belajar Pemrograman dari CODEPOLITAN dan Alibaba Cloud. Yuk kita simak panduan sertifikasi alibaba cloud untuk bisa lolos jenjang karir menggiurkan.

Mengenal Apa Itu DevHandal

Sebelum bahas detail panduannya, kita kenalan dulu yuk apa Itu DevHandal. Sekilas kita gambarkan secara garis besar, bahwa DevHandal ini adalah platform yang mewadahi para talenta digital untuk menjadi seorang developer tersertifikasi Inernasional dibawah naungan CODEPOLITAN. Pada Program Beasiswa Coding dari DevHandal tahun ini ada dua kepesertaan yaitu ada SPESIAL PASS dan STUDENT PASS, kira-kira apa perbedaannya ya? yuk kita sedikit bahas dulu.

Kategori Peserta DevHandal

Nah mungkin bagi alumni DevHandal tahun sebelumnya sudah sedikit mengenal beberapa kategori peserta ya, dan kali ini juga tidak jauh berbeda. Apa yang membedakan? yaitu dari segi benefit yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Siapa saja boleh registrasi dengan memilih kategori special pass? boleh untuk pelajar, mahasiswa, ataupun umum dengan mendaftarkan diri menggunakan ID Alibaba Cloud aktif dengan Debit/Credit Card VISA/Mastercard.

Minimal kartu kamu sudah pernah melakukan transaksi atau payment contohnya isi pulsa, bayar tagihan listrik dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar sistem bisa mendeteksi akun kamu aktif dan bukan robot. Berapa kira-kira minimal saldo di rekening kita jika ingin mendaftar menggunakan kategori spesial pass? kira-kira sekitar $7 Dollar atau Rp100Ribu dan disarankan sudah pernah melakukan transaksi contoh: isi pulsa, bayar toko online, QRIS, dsb untuk menekan kemungkinan dianggap fraud. Akan ada verifikasi CC/debit card Visa/mastercard berupa Simulasi Kredit dan Debit sebesar** $1** (satu usd) dan akan dikembalikan ke dalam saldo kamu dalam beberapa jam setelahnya

Sedangkan Kepesertaan Student Pass ini bisa dipilih untuk kamu yang menempuh pendidikan diperguruan tinggi dan memiliki KTM (kartu tanda mahasiswa).

Benefit Bagi Peserta DevHandal 2024

Berikut kita simak beberapa benefit yang diperoleh bagi peserta pendaftar Beasiswa Coding dari DevHandal Tahun ini.

Sertifikasi Alibaba Cloud Kepesertaan Student Pass

Bagi peserta yang memilih kepesertaan student pass, berikut ini benefit yang akan diperoleh:

  • Beasiswa Course Pilihan (hanya 1) dari CODEPOLITAN
  • Kupon KELASFULLSTACK senilai Rp 1.540.000
  • Akses Program Sertifikasi ACA Cloud Computing;
  • Kesempatan Lucky Draw setiap 2 minggu sekali dengan total 6 juta rupiah;
  • Meetup Eksklusif Peserta Devhandal Batch 1 (Doorprize)

Okedeh setelah sedikit bridging bahas seputar DevHandal, sudah siap ikut sertifikasi alibaba cloud untuk menyelesaikan semua tantangan? yuk langsung kita mulai.

Tutorial Daftar Beasiswa Coding : DevHandal 2024 Batch 1

Pertama kunjungi link https://www.devhandal.id/ kemudian pilih beasiswa terbaru lalu akan muncul tampilan berikut ini.

Jika kamu belum punya akun DevHandal dan belum melakukan registrasi, maka klik gabung sekarang, lalu kamu akan diminta untuk memilih kepesertaan. Sesuai dengan yang sudah penulis jelaskan pada ulasan diatas, silahkan pilih kategori peserta sesuai dengan kriteria yang kamu miliki. Nah pada artikel kali ini penulis akan menjelaskan bagaimana langkah mendaftarkan diri sebagai akun student pass, jangan sampai ada yang ke skip ya.

Dashboard Peserta Student Pass

Ini adalah dashboard peserta yang mendaftar sebagai akun special pass, tidak jauh berbeda dengan tampilan dashboard lainnya.

Penyelesaian MISI 1: Melengkapi Data Diri dan Buat Akun Alibaba Cloud

Berikut ini tampilan untuk input data diri, lalu kamu bisa klik bagian buat akun alibaba cloud seperti gambar berikut ini.

Lalu silahkan kamu bisa klik buat akun alibabacloud, pilih individual account, dan klik next maka kamu akan diminta untuk memasukkan username email dan membuat password.

Jika sudah memiliki akun alibaba cloud dan belum pernah mendapatkan beasiswa sebelumnya, maka kamu bisa menggunakan akun alibaba yang sudah pernah terdaftar sebelumnya.

Link daftar akun alibaba cloud klik disini.

Image

Kemudian setelah itu pilih sign up step 1 of 2 untuk melakukan verifikasi akun, dan tunggu hingga mendapatkan kode verifikasi dari email. Jika sudah mendapat kode verifikasi, maka silahkan inputkan.

Jika sudah selesai lalu akan tampil beberapa pilihan seperti gambar dibawah ini, pilih Individual Account untuk melakukan pengisian data diri.

Image

Berikut ini contoh isi data diri yang perlu kamu isi, jangan lupa untuk di isi dengan benar agar mempermudah proses verifikasi. Jika sudah dilengkapi dengan benar lalu klik send. Lalu kamu akan diminta memasukkan kode OTP dari nomor telepon yang sudah terdaftar. Jika sudah input kode OTP, kemudian kamu bisa ceklis bagian bawah alibaba cloud may not call me to discuss deals and offers dan klik submit

Image

Nah berikut ini contoh langkah dimana kamu diminta memasukkan kode OTP.

Apabila sudah, maka langkah berikutnya memilih metode pembayaran. Karena kamu menggunakan student pass maka kamu bisa skip saja halaman ini.

Image

Setelah skip halaman payment kamu menuju account managemen untuk mengcopy Alibaba ID dan screenshot halaman tersebut.

Silahkan pilih account management untuk kemudian screenshoot akun alibaba cloud. Kamu bisa mengikuti tutorial lengkap penyelesaian MISI 1 pada video berikut https://youtu.be/Ii0YHSzfnTY .

Penyelesaian MISI 2 : Posting Social Media

Lanjut tantangan berikutnya yaitu kamu bisa posting poster dan caption di social media account pribadi kamu. Jangan lupa gunakan akun asli untuk memudahkan dalam proses pengiriman hadiah atau lucky draw apabila beruntung. Berikut ini contoh gambar penyelesaian MISI 2 untuk posting poster di social media, template sudah disediakan oleh fasilitator DevHandal.

Jangan lupa untuk posting di akun Instagram dan LinkedIn, tag akun codepolitan dan alibaba cloud sesuai dengan intruksi.

Penyelesaian MISI 3 : ECS LAB dan Sertifikasi Alibaba Cloud

Oke tahap berikutnya yaitu penyelesaian MISI ECS Lab dan juga sertifikasi developer.

Pastikan sudah menerima kabar bahwa akun student sudah aktif dari panitia Devhandal melalui Whatsapp atau Email. Selanjutnya klaim free ecs di halaman student https://www.alibabacloud.com/en/developer/students dengan mengikuti panduan https://youtu.be/tVn2r0VyE3g?t=19

Setelah memiliki ECS selanjutnya mengerjakan salah satu ECS Labs pada halaman https://int.alibabacloud.com/m/1000379648 dengan video panduan https://www.youtube.com/playlist?list=PLsRgyXGy0Eo5o3mi5qNZ41w9zn8-fIzP.

Tuntaskan minimal 1 misi ECS labs yang dipilih sesuai dengan video panduan.

Setelah menyelesaikan salah satu dari Hands-on Lab. Silakan tunggu email 1x24 jam hari kerja untuk link klaim sertifikasi Certified Developer atau mengklaim sertifikat secara manual pada halaman Ecs Labs pada bagian sertifikat yang berlokasi paling bawah pada halaman Ecs Labs atau.

Image

Jika sudah, lalu kamu bisa inputkan Certificate Serial Number beserta screenshoot nya, contoh pada gambar diatas.

Itu dia panduan cara penyelesaian tantangan DevHandal terbaru. Semoga berhasil coders. Image

Baca Juga: Mengenal Cloud Computing Baca Juga: 8+ Manfaat Cloud Computing, Ikut Sertifikasi Internasional

0

0

0

share