0

0

0

share


#belajarpemrograman#acacloudcomputing#sertifikasideveloper#beasiswapemrograman
0 Reaksi

0 Komentar

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Grup Besar

Profile

Prasatya6 Juli 2024

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Grup Besar

Sertifikasi Alibaba Cloud : Panduan Kepesertaan Student Pass untuk Grup Besar - Hai leader! Akhirnya yang ditunggu-tunggu yaitu Beasiswa Developer dari Alibaba Cloud kembali Hadir. Persiapkan tim kamu untuk menjadi seorang developer tersertifikasi yang di akui secara Internaional. Yuk kita ulas panduan bagaimana cara menyelesaikan MISI untuk para leader dan tim-nya. Tapi sebelum itu kita coba sedikit mengenal program DevHandal dulu yuk.

Apa Itu DevHandal

Devhandal dalah platform yang mewadahi para talenta digital untuk menjadi developer tersertfiikasi Internasional. DevHandal adalah platform penyedia Beasiswa Coding dibawah naungan CODEPOLITAN. Kamu bisa follow dan kunjungi akun instagram DevHandal klik disini.

Update terbaru sudah ada 24.193+ Pendaftar yang ikut dalam program ini dan sudah ada lebih dari 6000 peserta penerima Beasiswa Coding GRATIS dari DevHandal untuk jadi developer handal. Kali ini DevHandal 2024 kembali hadir untukmu yang ingin serius jadi developer tersertifikasi Internasional.

Kategori Peserta DevHandal

Nah mungkin bagi alumni DevHandal tahun sebelumnya sudah sedikit mengenal beberapa kategori peserta ya, dan kali ini juga tidak jauh berbeda. Apa yang membedakan? yaitu dari segi benefit yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Siapa saja boleh registrasi dengan memilih kategori special pass? boleh untuk pelajar, mahasiswa, ataupun umum dengan mendaftarkan diri menggunakan ID Alibaba Cloud aktif dengan Debit/Credit Card VISA/Mastercard.

Minimal kartu kamu sudah pernah melakukan transaksi atau payment contohnya isi pulsa, bayar tagihan listrik dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar sistem bisa mendeteksi akun kamu aktif dan bukan robot. Berapa kira-kira minimal saldo di rekening kita jika ingin mendaftar menggunakan kategori spesial pass? kira-kira sekitar $7 Dollar atau Rp100Ribu dan disarankan sudah pernah melakukan transaksi contoh: isi pulsa, bayar toko online, QRIS, dsb untuk menekan kemungkinan dianggap faud. Akan ada verifikasi CC/debit card Visa/mastercard berupa Simulasi Kredit dan Debit sebesar** $1** (satu usd) dan akan dikembalikan ke dalam saldo kamu dalam beberapa jam setelahnya

Sedangkan Kepesertaan Student Pass ini bisa dipilih untuk kamu yang menempuh pendidikan diperguruan tinggi dan memiliki KTM (kartu tanda mahasiswa).

Benefit Bagi Peserta DevHandal 2024

Berikut kita simak beberapa benefit yang diperoleh bagi peserta pendaftar Beasiswa Coding dari DevHandal Tahun ini.

Sertifikasi Alibaba Cloud Kepesertaan Student Pass

Bagi peserta yang memilih kepesertaan student pass, berikut ini benefit yang akan diperoleh:

  • Beasiswa Course Pilihan (hanya 1) dari CODEPOLITAN
  • Kupon KELASFULLSTACK senilai Rp 1.540.000
  • Akses Program Sertifikasi ACA Cloud Computing;
  • Kesempatan Lucky Draw setiap 2 minggu sekali dengan total 6 juta rupiah;
  • Meetup Eksklusif Peserta Devhandal Batch 1 (Doorprize)

Okedeh setelah sedikit bridging bahas seputar DevHandal, sudah siap ikut sertifikasi alibaba cloud untuk menyelesaikan semua tantangan? yuk langsung kita mulai.

Tutorial Daftar Beasiswa Coding : DevHandal 2024 Batch 1

Silahkan untuk akses link klik disini kemudian kamu bisa scroll ke bagian bawah sampai menemukan jenis kepesertaan. Pilih salah satu antara kepesertaan student pass atau special pass lalu klik submit.

Bagi leader atau grup besar hanya bisa memilih student pass

Bagi leader hanya bisa memilih student pass. Berikut ini tampilan dashboard untuk menyelesaikan MISI dan memilih kategori kepesertaan.

Penyelesaian MISI 1: Isi Data Diri dan Membuat Akun Alibaba Cloud dan Sertifikasi Developer

Silahkan untuk klik penyelesaian tugas 1, isi data diri leader, buat akun alibaba cloud, dan screenshoot akun yang sudah dibuat tersebut. Jangan lupa untuk memilih kategori grup besar seperti yang penulis beri tanda lingkaran merah.

Image

Link daftar akun alibaba cloud klik disini.

Image

Kemudian setelah itu pilih sign up step 1 of 2 untuk melakukan verifikasi akun, dan tunggu hingga mendapatkan kode verifikasi dari email. Jika sudah mendapat kode verifikasi, maka silahkan inputkan.

Jika sudah selesai lalu akan tampil beberapa pilihan seperti gambar dibawah ini, pilih Individual Account untuk melakukan pengisian data diri.

Image

Berikut ini contoh isi data diri yang perlu kamu isi, jangan lupa untuk di isi dengan benar agar mempermudah proses verifikasi. Jika sudah dilengkapi dengan benar lalu klik send. Lalu kamu akan diminta memasukkan kode OTP dari nomor telepon yang sudah terdaftar. Jika sudah input kode OTP, kemudian kamu bisa ceklis bagian bawah alibaba cloud may not call me to discuss deals and offers dan klik submit

Image

Nah berikut ini contoh langkah dimana kamu diminta memasukkan kode OTP.

Apabila sudah, maka langkah berikutnya memilih metode pembayaran. Karena kamu menggunakan student pass maka kamu bisa skip saja halaman ini.

Image

Setelah skip halaman payment kamu menuju account managemen untuk mengcopy Alibaba ID dan screenshot halaman tersebut.

Silahkan pilih account management untuk kemudian screenshoot akun alibaba cloud. Kamu bisa mengikuti tutorial lengkap penyelesaian MISI 1 pada video berikut https://youtu.be/Ii0YHSzfnTY .

Jika sudah melengkapi data di misi 1, lalu kamu bisa centang saya setuju dengan syarat dan ketentuan berlaku dan klik simpan. Setelah selesai silahkan menunggu verifikasi Whatsapp atau Email 2x24 jam hari kerja dari panitia Devhandal terkait aktivasi akun student.

Mahasiswa tidak perlu memasukkan kartu debit / paypal pada payment method. Silahkan menunggu kode verifikasi untuk bisa dapat ID Alibaba Cloud 2x24 jam di hari kerja.

Penyelesaian ESC LAB dan List Anggota Peserta

Pada misi 2, Pengisian anggota dibagi menjadi dua fase yaitu leader wajib mengisi fase 1 terlebih dahulu untuk anggotanya dengan tujuan supaya data anggota mahasiswa bisa diverifikasi oleh Alibabacloud. Sebelum data di inputkan

Para anggota juga bisa diberikan artikel panduan sebagai berikut : https://www.codepolitan.com/blog/panduan-kepesertaan-anggota-untuk-grup-besar/

Fase 1 :

Leader dapat membantu mengisi data anggotanya, termasuk data diri, akun Alibaba Cloud, dan data mahasiswa. Leader dapat mengisikan data anggotanya disini!

Pada tahap ini, Leader dapat mengumpulkan data anggota secara bebas yaitu bisa menggunakan Google Form atau formulir lainnya. Contohnya seperti link disini : https://forms.gle/BQZrQqq6K7ujXpdT8 (Form ini hanya contoh)

Setelah data anggota masuk, panitia akan memberikan data Alibaba Cloud ID dan data mahasiswa kepada tim Alibaba Cloud untuk diverifikasi. Status verifikasai akan dikirimkan melalui alamat Email/ whatsapp.

Panduan : Daftar Alibaba Cloud untuk mendapatkan Alibaba Cloud ID disini!

Fase 2 :

Setelah data mahasiswa terverifikasi, anggota dapat lanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu klaim free ECS https://www.alibabacloud.com/en/developer/students dengan panduan https://youtu.be/tVn2r0VyE3g?t=19

Mengerjakan ECS labs, hingga mendapatkan sertifikat disini.

Jika sudah, data serial sertifikat dan tangkapan layar sertifikat ini dapat diberikan kepada leader. Untuk detail tutorial ESC tab anda bisa mengikuti panduan ini.

Klaim sertifikat ECS labs: Setelah menyelesaikan salah satu dari Hands-on Lab, silakan tunggu 24 jam kerja untuk mengklaim sertifikat di halaman Ecs Labs pada bagian paling bawah, berikut contohnya!

Image

Anggota yang sudah mendapatkan sertifikat menyerahkan gambar sertifikat dan serial nomor sertifikat kepada leader. Tim Devhandal akan melakukan verifikasi terhadap data yang sudah disubmit.

Setelah data berhasil diverifikasi, tim Devhandal akan memberitahukan anggota bahwa dirinya sudah berhak mendapatkan beasiswa.

Leader membantu klaim kode voucher di dashboard grup

Image

**CATATAN Leader akan mendapatkan kode agar anggota bisa reedem Beasiswa, untuk itu pastikan anggota mengisi data diri valid dan jumlah memenuhi ketentuan, GOOD LUCK.

Baca Juga: Mengenal Cloud Computing Baca Juga: 8+ Manfaat Cloud Computing, Ikut Sertifikasi Internasional

0

0

0

share