SageMath, Library Matematika Terbesar

Yana Permana 25 Maret 2015

SageMath, Library Matematika Terbesar

Perhitungan data yang sangat banyak selalu menjadi kendala ketika library coding pembaca tidak mencukupi. Apalagi yang berkaitan dengan data numerik dan bignums. Lebih jauh, hal ini berkaitan dengan matematika. Beberapa programmer khususnya dalam bidang kriptografi dan matematika membutuhkan library yang besar untuk melakukan kriptanalis dan analisis. Seperti matriks yang sangat besar, mungkin pembaca bisa bayangkan bila library kecil dipaksa untuk menangani tugas semacam ini sehingga yang terjadi adalah segmentation fault. Namun masalah ini bisa diatasi dengan library matematika besar SageMath.

SageMath merupakan software dan library matematika untuk menangani fungsi matematika yang rumit. SageMath menggunakan lisensi GPL, dan termasuk open source. Didalamnya terdapat kumpulan library matematika dan statistika seperti NumPy, SciPy, matplotlib, Sympy, Maxima, GA, FLINT, R dan masih banyak lainnya. Kombinasi library tersebut bila dikombinasikan akan membuat mudah pekerjaan analisis data pembaca seperti kriptografi, matematika, dan statistika. SageMath dikembangkan dengan bahasa pemrograman Python.

Bagi pembaca yang terbiasa dengan software seperti Magma, Maple, Mathematica, dan Matlab. Pembaca bisa menjadikannya salah satu alternatif. Pembaca bisa menggunakannya dengan berbagai cara. Bisa mengunduhnya secara langsung dan online.

Jika pembaca tidak mempunyai storage yang cukup untuk memasang library ini, pembaca bisa menggunnakan secara online di alamat https://cloud.sagemath.com/. Dan jika pembaca jarang terkoneksi dengan internet, pembaca bisa mengunduhnya. Ukurannya 1 GB, bila sudah diekstrak ukurannya menjadi sebesar 5GB, cukup besar bukan. Pembaca bisa memasangnya dengan mudah dengan petunjuk didalamnya.

SageMath bisa dipasang berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac, Windows. Jika pembaca tidak ingin memasangnya pada sistem operasi secara langsung, pembaca cukup mengekstraknya saja. Dukungan tutorial pun disediakan berbagai macam. Pembaca dapat dengan mudah mempelajarinya mulai dari video tutorial, manual, forum dan lain-lain.

Nah, masalah penanganan data yang cukup besar apalagi berkaitan dengan kriptografi, matematika dan statistika bukanlah hal rumit. Dengan SageMath, pembaca bisa mengolah data besar tanpa adanya segmentation fault dalam sistem. Semoga analisisnya tambah seru ya.

(yp/sagemath)