5 Payment Gateway Untuk Fitur Pembayaran

Goo
Rabu, 14 September 2022 pukul 14.27

Hai coders! pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Payment Gateway. Secara garis besar, payment gateway adalah bentuk sistem transaksi yang memiliki tugas untuk mengotorisasi suatu proses transaksi melalui e-commerce. Nah, payment gateway ini yang nantinya akan membantu dalam hal membuat fitur pembayaran agar transaksi berjalan dengan lancar, aman dan terpercaya.

Langsung saja berikut ini 5 payment gateway yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membantu membuat fitur pembayaran:

Xendit

Xendit.png

Xendit adalah perusahaan penyedia layanan pembayaran di Indonesia yang memungkinkan setiap pelanggan dapat menerima dan mengirim dana dengan proses integrasi yang sederhana. Setiap transaksi yang dilakukan dapat dengan mudah ditemukan dan dicatat dengan sistem deteksi penerimaan atau pengeluaran dana otomatis. Selain itu, pengguna juga bisa memperoleh notifikasi secara instan. Xendit telah digunakan oleh beberapa perusahaan ternama seperti Bukalapak, Traveloka,Samsung, dan lain-lain.

Midtrans

midtrans.jpg

Midtrans merupakan payment gateway yang memberikan solusi pembayaran untuk berbagai industri, sebelumnya bernama Veritrans Indonesia. Layanan ini menjadi bagian dari Gojek sejak tahun 2017 yang kemudian meluncurkan selly sebagai aplikasi asisten admin dan logistik.

Midtrans telah dipercaya lebih dari 500 ribu merchant termasuk di antaranya Halodoc, Bibit, Moka dan lain-lain. Dalam memberikan layanannya, Midtrans menerima pembayaran melalui website, chat, hingga SMS.

Paddle

paddle.png

Paddle merupakan payment gateway yang telah dipercaya oleh lebih dari 3000+ bisnis di dunia dan digunakan oleh banyak perusahaan software. Paddle menawarkan perusahaan SaaS pendekatan yang sama sekali berbeda untuk infrastruktur pembayaran mereka. Paddle telah digunakan oleh RemoveBg, Laravel, Tailwind labs, dan banyak lagi.

Stripe

stripe.png

Stripe menyatukan semua hal yang diperlukan dalam membangun situs web maupun aplikasi untuk menerima pembayaran dan mengirim payout secara global. Stripe membantu pembayaran diantaranya bisnis berlangganan, situs belanja online dan platform software. Stripe juga membantu perusahaan mengatasi penipuan, mengirim faktur, menerbitkan kartu virtual dan fisik, mengelola pengeluaran bisnis, dan lebih banyak lagi. Hingga saat ini Stripe telah dipercaya oleh jutaan perusahaan seperti Amazon, Slack, Google, dan banyak lagi.

Doku

doku.jpg

Doku merupakan payment gateway pertama di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 13 tahun, membawa Doku dipercaya oleh lebih dari 150+ merchant dari perusahaan besar, menengah, maupun bisnis individu dengan berbagai latar belakang, seperti Garuda Indonesia, Lazada, Pertamina dan banyak lagi.

Kesimpulan

Payment gateway identik dengan bisnis online. Berkembang pesatnya bisnis online di era digital tentunya harus diimbangi dengan pelayanan yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi setiap pelaku bisnis khususnya dalam hal pembayaran. Pembayaran memerankan bagian penting dari makin berkembang nya sebuah bisnis, penggunaan payment gateway tentunya akan membantu mempermudah proses transaksi dengan beragam fitur yang ditawarkan, menyesuaikan dengan jenis bisnis yang dijalankan.

6 Hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih payment gateway adalah potongan transaksi, pilihan pembayaran, keamanan, dukungan customer service, mata uang, dan jenis integrasi.

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini