Mengenal WebGL

Yana Permana
Senin, 25 April 2016 pukul 19.03
Image

WebGL adalah teknologi web yang menyuguhkan akselerasi grafis 3D ke dalam browser tanpa memasang perangkat lunak tambahan. WebGL merupakkan kependekan dari Web Graphics Library. Untuk API, WebGL biasanya dipanggil melalui API Javascript dan penggunaannya selalu melibatkan elemen HTML5 <canvas>.

WebGL biasanya digunakan untuk desain web dan game 3D yang berbasis web. WebGL juga juga digunakan oleh beberapa peneliti untuk tujuan sains. Sebagai contoh, dalam buku yang berjudul "Cellular Automata", peneliti menggunakan WebGL untuk mensimulasikan alur Debris. Sedangkan pada paper "Visualization of molecular structures using state-of-the-art techniques in WebGL", peneliti mensimulasikan molekul didalamnya. NASA juga membangun aplikasi web yang interaktif yang disebut Experience Curiosity untuk merayakan ulang tahun ketiga dimana Curiosity Rover mendarat di Mars.

[caption id="" align="alignnone" width="1200"]contoh-aplikasi-webgl Contoh aplikasi simulasi mengontrol rover Curiosity di Mars yang dibuat menggunakan teknologi webGL[/caption]

Bagaimana sih desain WebGL? WebGL didesain berdasarkan fungsi-fungsi yang ada pada OpenGL ES 2.0, kemudian dibangun dengan elemen HTML5 <canvas> dan diakses dengan menggunakan Document Object Model (DOM).

Bagaimana sih awal mula WebGL? WebGL berawal dari percobaan yang dilakukan oleh Vladimir Vukićevic ketika berada di Mozilla. Vukićevic pertama kali mendemonstrasikan prototipe Canvas 3D pada tahun 2006. Dipenghujung tahun 2007, Mozilla dan Opera mulai membangunnya secara terpisah. Baru pada awal 2009, Khoronos Group mulai serius dalam membangun project WebGL dengan kerjasama dengan berbagai perusahaan seperti Apple, Google, Mozilla, Opera dan lain-lain.

Pada bulan Maret 2011, WebGL 1.0 akhirnya dirilis dengan kerja keras selama bertahun-tahun. Dengan dirilisnya WebGL, mulai banyak vendor aplikasi multimedia seperti Autodesk, Fusion 360, AutoCAD 360 antusias membangun porting aplikasinya agar WebGL semakin canggih.

WebGL kini sudah mencapai versi 2.0, sudah banyak browser desktop maupun mobile sudah mendukung WebGL. Untuk daftar browser yang mendukung WebGL diantaranya: Desktop

  • Google Chrome (semua versi)
  • Mozilla Firefox 4.x keatas
  • Safari 6.x keatas
  • Opera 11.x keatas
  • IE 11.x keatas
  • Edge 0.95 keatas
Mobile
  • Firefox versi mobile
  • Google Chrome versi mobile
  • Tizen
  • Ubuntu Touch
  • Safari versi mobile pada iOS 8 keatas
  • dan masih banyak lagi
Itulah dia, sekilas penjelasan tentang WebGL. WebGL menjadi salah satu teknologi web yang sangat berguna bagi banyak orang khususnya desain web 3D dan game 3D berbasis web, begitu juga para peneliti. Selain WebGL 2.0, versi yang saat ini masih stabil adalah WebGL 1.0.2. Untuk melihat seperti apa hasil dari penggunaan webGL, Kamu bisa membuka halaman chromeexperiments.com/webgl untuk melihat beberapa contohnya yang keren! (yp)

https://www.chromeexperiments.com/webgl https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/API/WebGL_API https://en.wikipedia.org/wiki/WebGL

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini