0

0

0

share


0 Reaksi

0 Komentar

Mengenal Cloud Computing

Profile

Meme Today15 November 2021

Mengenal Cloud Computing

Memahami lebih jauh tentang Cloud Computing

Cloud Computing (komputasi awan) merupakan metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. sumber daya yang dimaksud contohnya ialah software seperti penyimpanan data, server, database, jaringan, serta software.

Daripada menyimpan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau handphone, penyimpanan berbasis Cloud memungkinkan Anda menyimpan file selama Anda mempunyai akses ke internet.

Cloud Computing adalah opsi yang terkenal sebab memiliki banyak keuntungan, seperti hemat biaya, menaikkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa, serta keamanan. Maka itu, tidak heran banyak perusahaan atau orang-orang yang memakai Cloud untuk menyimpan data.

Dinamakan Cloud Computing sebab berita yg diakses secara remote di “awan” atau ruangan virtual. Perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan Cloud, memungkinkan para penggunanya menyimpan file dan software dari server jarak jauh. Mereka pula mampu mengaksesnya asalkan ada sambungan internet. Ini berarti, seorang pengguna tidak perlu berada di tempat tertentu untuk mendapatkan akses file-nya.

Cara Kerja Cloud Computing

Teknologi Cloud Computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan installasi pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Peritah – perintah yang digunakan oleh pengguna tadi selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah diterima oleh sever aplikasi, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya.

Manfaat Cloud Computing

  1. Media Penyimpanan Terpusat pada Server

    Teknologi Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh Cloud Computing.

  2. Keamanan Data

    Dalam penerapan teknologi Cloud Computing penyedia Cloud Computing telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak , platform teknologi, jaminan ISO.

  3. Lebih Murah dan Tahan Lama

    Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server.

Tipe Cloud Computing

  1. Private Cloud

    Private Cloud adalah penggunaan dari teknologi Cloud ini hanya digunakan oleh satu organisasi atau perusahaan saja secara private. Penggunaan Private Cloud ini banyak digunakan buat interaksi bisnis, yang sumber daya cloud-nya bisa diatur, dan dioperasikan hanya oleh organisasi atau perusahaan yang sama.

  2. Community Cloud

    Community cloud digunakan biasanya untuk penggunaan bagi komunitas, institusi atau organisasi. Contoh perusahaan yang menggunaka Cloud Computing adalah perusahaan bisnis yang mempunyai tujuan Bersama pada masing masing perusahaan. Cloud Computing bisa dikelola oleh internal maupun oleh pihak ketiga maupun untuk eksternal dan internal. Sehingga dapat meminimalisir biaya pembayaran yang bisa ditanggung oleh kedua belah pihak.

  3. Public Cloud

    qPublic Cloud Computing merupakan layanan yang menggunakan model publik, sehingga siapa saja dapat mengakses layanan ini. Teknologi ini tidak memerlukan biaya dan gratis, namun jika berbayar dengan harga tertentu. Contoh layanan Public Cloud Computing adalah cloud computing ini banyak yang tidak berbayar alias gratis namun juga ada yang berbayar dengan harga tertentu.

  4. Hybrid Cloud

    Hybrd Cloud merupakan gabungan dari layanan private Cloud dan Public Cloud. Sehingga hanya institusi tertentu yang dapat mengaplikasikan layanan cloud ini. Layanan pada jenis ini memiliki interaksi B2B (Business to Bussines) atau B2C (Business to Consumer). Hyprid Cloud ini juga dapat digunakan pada komputasi terikat Bersama tetapi dengan cloud yang berbeda.

Layanan Cloud yang ada di indonesia

Beberapa penyedia layanan Cloud yang ada Indonesia :

  • Amazon Web Services (AWS)
  • Microsoft Azure
  • IBM Cloud
  • Alibaba Cloud

0

0

0

share