0
0
0
share
0 Komentar
Mengembangkan Game Unity ke Samsung Gear VR
Baca juga: Virtual Reality dan Perkembangannya
Tujuan dari tutorial ini adalah memudahkan mengembangkan game Unity ke GearVR. Beberapa hal akan dijelaskan secara bertahap sehingga mudah dipahami.
Sebelum memulai tutorial ini, Kamu harus menyiapkan koneksi Internet yang cukup.
Menyiapkan Software untuk pengembangan GearVR di Unity
- Unity 5.4.0f3
- Java Development Kit 8 (JDK)
- Android SDK 6.0 and SDK Tools
Java Development Kit 8 (JDK)
Buka laman Java SE Development Kit 8 Downloads. Kemudian download dan instal JDK-8u101
Android SDK 6.0 and SDK Tools
Buka laman Android Studio dan Android SDK kemudian pilih Download Options dan cari installer_r24.41-windows.exe pada SDK tools package. Instal dan download
setelah selesai di instal, kemudian buka SDK Manager
Kemudian Instal beberapa package dibawah ini:
- Android Platform-tools (latest version)
- Android SDK Build-tools (23.0.3)
- Android 5.0.1 (API 23)
Unity 5.4.0f3
Jika masih menggunakan versi yang lama, silahkan download unity yang terbaru disini https://store.unity.com/download
Ketika mengintal unity, diperlukan juga untuk tambakan Android Build Support untuk membuat APK. kemudian Install Unity sampai selesai.
Menyiapkan Project dan Konfigurasi Project untuk Gear VR
Membuat Project BaruPertama-tama kita buat project baru dengan nama TestGearVR dan dengan mode 3D.
External Tools
Cek konfigurasi JDK dan Android SDK pada Unity, dengan klik menu "Edit" > Pilih Preferences.. Setelah keluar jendela Unity Preferences kemudian buka tab "External Tools" dan lengkapi path folder Android SDK dan JDK.
TimeManager
Kemudian buka TimeManager dengan cara klik menu Edit > Project Setting > Time. kemudian lihat tab pada Inspector. Atur Frame per Second (FPS) dengan memberi nilai Pixed Timestep dan Maximum Allowed pada nilai 60 FPS supaya game dapat berjalan secara performa dari device dan tetap menjaga kualitas grafis dari game tersebut. maka mendapatkan rumus sebagai berikut: 1 Second / 60 FPS = 0.01666666 Second per Frame
Build Settings
Buka menu File > pilih Build Settings...
Pada jendela Build Settings, Ubah Platfrom ke Android dan ubah juga Texture Comperssion ke ETC2(GLES 3.0)
Player Settings
Pengaturan Player settings ada di Menu Edit > Project Settings > Player. Kemudian lihat Player Settings di tab Inspector dan Lihat di bagaian Resolusi and Presentation
Atur Default Orientation ke Landscape Left dan buka Other Settings
Untuk mengubah ke mode GearVR maka perlu diberi centang pada Virtual Reality Support. Namun perlu diketahui jika mengaktifkan Virtual Reality Support maka hanya dapat dimainkan dengan device yang support Gear VR. Kemudian jangan lupa mengisi BundleIndentifier dan rekomendasi Minimum API Level ada Android 4.4 (kit kat)
Setelah itu kemudian lengkapi Keystore dan Key Alias pada Publishing Settings
Quality Settings
Kemudian untuk memberi performa game maka perlu mengatur di quality settings dengan cara klik menu Edit > Project Settings > Quality
Jika Pixel Light Count diberi nilai 0 maka akan mempercepat kinerja rendering tetapi semua itu juga tergantung shadder yang digunakan. sedangkan Anti Aliasing di disable maka akan mempercepat kinerja GPU pada mobile.
Kemudian setelah itu membuat contoh project sederhana untuk Gear VR
Menyiapkan project sederhana untuk Gear VR
Membuat Object SederhanaKemudian memasukkan object sederhana misal object kubus dengan klik kanan pada tab Hierarchy > 3D Object > Cube.
Kemudian setelah Cube tercipta kemudian atur position dan rotation berada di center dengan memberi nilai 0 semua.
kemudian membuat 3D text dengan klik kanan pada tab hierarchy kemudian pilih 3D Object > 3D Text.
Setelah 3D text tercipta kemudian atur Position dengan memberi nilai 5 pada sumbu Y dan pada text, atur Anchor menjadi Upper center.
Kontrol Input
Untuk input dari device GearVR kita bisa menggunakan fungsi mouse dan tombol escape pada keyboard yang berfungsi sebagai tombol back. Untuk memudahkan kita menggunakan InputManager yang berada di menu Edit > Project Settings > Input. kemudian buka Axes > Fire1
pada Fire1, pada kolom Alt Positive Button pastikan berisi mouse 0
Pada Cancel, pada kolom Positive Button pastikan berisi escape
Pada Mouse X, pada kolom Type pastikan berisi Mouse Movement dan kolom Axis berisi X axis
Pada Mouse Y, pada kolom Type pastikan berisi Mouse Movement dan kolom Axis berisi Y axis
Memberi Script Input
setelah Object sudah tercipta, kemudian memberi script di masing-masing object.
pada Object Cube, beri script dengan klik Add Component pada Inspector Cube dan beri nama CubeDetect. dan beri code seperti dibawah ini:
using UnityEngine; public class CubeDetect : MonoBehaviour { bool isCubeBig = false; // Update is called once per frame void Update () { if (Input.GetButtonDown("Fire1")) { isCubeBig = !isCubeBig; if (isCubeBig) { transform.localScale = new Vector3(3, 3, 3); } else { transform.localScale = new Vector3(1, 1, 1); } } if (Input.GetButtonDown("Cancel")) { // ketika menekan tombol back Application.Quit(); } } }
kemudian untuk bisa mengehui apakah informasi tentang swip maka pada New Text kita beri script dengan nama TextInfo.
kemudian isi script TextInfo.cs sebagai berikut:
using UnityEngine; public class TextInfo : MonoBehaviour { // Update is called once per frame void Update () { if (Input.GetAxis("Mouse X") < -0.5f) { //Code for action on mouse moving left transform.GetComponent<TextMesh>().text = ("swip left"); } if (Input.GetAxis("Mouse X") > 0.5f) { //Code for action on mouse moving right transform.GetComponent<TextMesh>().text = ("swip right"); } if (Input.GetAxis("Mouse Y") < -0.5f) { //Code for action on mouse moving left transform.GetComponent<TextMesh>().text = ("swip down"); } if (Input.GetAxis("Mouse Y") > 0.5f) { //Code for action on mouse moving right transform.GetComponent<TextMesh>().text = ("swip up"); } } }
Setelah membuat contoh project kemudian dicoba di Samsung Gear VR
Menguji coba di Samsung Gear VR
Instal Driver USB
Download dan instal driver Samsung Android USB Driver for Windows. Dan perhatikan ketika mengintal driver tidak sedang mencolokan usb dengan device Samsung.
Instal sampai selesai
Mengaktifkan Developer Mode pada Device
Buka About Device > Software info > ketuk beberapa kali pada Build Number
Kemudian pada menu setting aktifkan Developer options dan USB debugging
Mendapatkan Oculus Signature File (Osig)
Semua aplikasi yang mengakses fungsi VR harus menggunakan sebuah signature unik yang dibuat dari sebuah ID Device. Signature ini akan mengakses fungsi low-level device melalui API yang tersedia di Oculus Utilities for Unity 5
Sambungkan device dengan komputer yang anda gunakan melalui kabel usb. Kemudian buka Command Prompt pada windows.Masuk ke directory /platform-tools pada android SDK dengan command dibawah ini:
CD [pathToAndroidSDK]/platform-tools
Kemudian tulis:
adb devices
Setelah muncul ID Device, kemudian buka laman Oculus Signature File (osig) Generator dan salin ID Device yang ada di Command Promp ke kolom Device ID pada halaman Osig Generator.
Download file Osig tersebut, kemudian buat folder /Assets/Plugins/Android/assets didalam Project View setelah itu letakkan file osig tersebut didalam folder assets yang telah didownload.
Build dan Deploy ke Device
Terakhir menguji game ke device dengan klik menu File > Build Setting.. > dan klik Build and Run
Jangan lupa untuk menambahkan scene dengan klik Add Open Scenes. setelah itu klik Build And Run.
hasil screenshot dari Samsung Galaxy S7 + Samsung Gear VR
Contoh ini dapat didownload: https://github.com/Ariska138/TestGearVR
Pengembangan Lanjut...
Untuk memudahkan dalam pengembangan game. ada beberapa link yang sekiranya bermanfaat:Oculus Audio SDK Plugins, berfungsi untuk memaksimalkan kualitas audio dan sudah terdapat beberapa contoh.
VR Samples, terdapat beberapa contoh-contoh game yang menarik yang dapat diintegrasikan dengan GearVR
Informasi juga buat developer yang tertantang untuk membuat Game/Aplikasi Gear VR anda bisa mengikut Challenge Dicoding dan juga sudah tersedia Device Gear VR untuk Testing di Berbagai Daerah. Untuk lebih lanjut, anda dapat kunjungi link dibawah ini:
Gear VR Challange: Create Virtual Reality Applications or Games for Samsung Gear VR Device
*Tutorial ini memungkinkan akan ada update tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.
0
0
0
share