Membuat Password Generator dengan JavaScript

Faisal Hanafi 10 Maret 2023

Membuat Password Generator dengan JavaScript

Hai Coders...:) Kali ini mimin mau bikin tutorial nih pada tutorial ini, kita akan membuat password generator sederhana menggunakan JavaScript. Password Generator adalah alat yang membantu kita membuat password acak dan aman untuk digunakan. Dalam tutorial ini, kita akan membuat password generator menggunakan JavaScript.

Berikut beberapa hal yang perlu kita siapkan seperti dibawah ini :

  • Persiapan: Membuat file HTML dengan kode dasar yang menyertakan heading, input field, dan tombol.

  • Membuat Fungsi untuk Membuat Password Acak: Kita membuat fungsi generatePassword untuk membuat password acak dengan menggunakan karakter acak dari string possible. Fungsi ini akan mengembalikan password acak dengan panjang 15 karakter.

  • Menampilkan Password pada Input Field: Kita menambahkan event listener pada tombol "Generate Password" untuk memanggil fungsi generatePassword dan menampilkan password acak pada input field dengan ID "password".

  • Menjalankan Aplikasi: Setelah melakukan konfigurasi di atas, kita dapat menjalankan aplikasi dengan membuka file index.html di browser dan mengklik tombol "Generate Password". Kita akan melihat password acak yang diterima oleh input field.

Berikut adalah tutorial langkah demi langkah untuk membuat password generator dengan JavaScript:

1.Persiapan Buat file HTML baru bernama index.html dan tambahkan kode seperti gambar berikut:

html

2.Membuat Fungsi untuk Membuat Password Acak Tambahkan kode berikut di dalam tag script untuk membuat password acak:

fungsi

3.Menampilkan Password pada Input Field Tambahkan kode berikut di dalam tag script untuk menampilkan password pada input field:

input
codejadi

4.Menjalankan Aplikasi Buka file index.html di browser dan klik tombol "Generate Password". Kita seharusnya dapat melihat password acak yang diterima oleh input field.

hasil

Demikian untuk tutorial membuat password generator dengan JavaScript ini. Semoga tutorial ini dapat membantu pendalaman logika dengan bahasa pemrograman JavaScript. Selamat mencoba :)