0
0
0
share
#unity#VUFORIA-SDK#AUGMENT-REALITY
0 Komentar
Membuat Augment Reality dengan Unity dan Vuforia
Augment Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dan 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, penjelasan selengkapnya dapat anda akses di sini. Jadi langsung saja kita implementasikan pengetahuan kita tentang AR, di sini saya hanya menjelaskan dan membuat **AR **secara sederhana jadi untuk orang yang pertama kali mengenal **AR, ** saya rasa kalian semua dapat mengikuti tutorial ini dengan baik, sebelum masuk pada tahap tutorial kali ini, pastikan teman-teman telah menginstall aplikasi yang diperlukan.
Langkah pertama
Buka aplikasi Unity, kemudian pilih new untuk membuat project baru.
Saya menggunakan versi Unity terbaru 2017, teman-teman bebas menggunakan versi berapa pun, agar tidak bingung sebaiknya samakan dengan saya, setelah itu klik tombol NEW.
Maka selanjutnya teman-teman dapat mengisi project name sesuai dengan keinginan teman-teman sendiri dan location ialah tempat project tersebut akan disimpan buat folder baru dan select folder,
Setelah location project telah anda pilih, kemudian Create Project ini adalah tampilan awalnya.
Hal yang harus teman-teman perhatikan gambar tersebut adalah settingan default awal tampilan, beralih menuju web browser teman-teman dapat mendownload terlebih dahulu VUFORIA SDK.
Pilih Download for Unity namun sebelum itu pastikan teman-teman telah melakukan login terlebih dahulu, bila teman-teman tidak memiliki account teman teman bisa memilih register dan ikuti ketentuanya. Saya anggap teman-teman telah men-download.
Selanjutnya import file VUFORIA SDK tersebut kedalam Unity dengan cara double klik pada file tersebut,
Kemudian jika ada tampilan seperti ini pilih import dan tunggu sampai prosesnya selesai.
Jika file VUFORIA SDK berhasil di import maka tampilanya akan seperti ini.
Pada bagian Asset Project maka muncul folder baru dengan nama Vuforia, folder tersebut merupakan hasil dari file VUFORIA SDK yang berhasil kita import teman-teman.
Langkah Selanjutnya Buka folder Vuforia tersebut yang berada di Asset kemudian, pilih folder Prefabs.
Pada bagian Hirarki terdapat Main camera dan Directional Light teman-teman bisa menghapus dua file tersebut, dengan cara klik kanan pada file tersebut ataupun menekan delete pada keyboard teman-teman.
Setelah Hirarki kosong teman-teman bisa men drag and drop file pada folder Prefabs yaitu ARcamera dan ImageTarget menuju Hirarki.
Kemudian beralih ke browser teman-teman, dalam membuat Augment Reality diperlukan suatu License Key dan Database untuk upload marker menuju website. Pastikan teman-teman telah login terlebih dahulu.
Kemudian pilih Add License Manager, maka akan muncul tampilan project type.
Ikuti pilihan seperti gambar diatas untuk App Name bisa di isi sesuai keinginan teman-teman selanjutnya next, kemudian ceklis pada checklist box lalu confirm.
Maka tampilan akan seperti ini dan teman teman telah berhasil membuat License key.
Double klik pada Lisence Key yang teman-teman buat tadi.
Beralih pada Unity aktifkan cursor pada ARcamera di sebelah kiri (Hirarki), menuju inspector pada sebelah kanan layar kerja (Scene) anda Open Vuforia configuratin.
Maka akan muncul tampilan seperti ini.
Setelah selesai kita beralih pada browser teman-teman untuk membuat database. Fungsi database tersebut untuk memasukan gambar yang akan kita jadikan MARKER, langsung menuju website yang sama.
Pada gambar dibawah ini jika teman-teman berhasil membuat database maka akan muncul database tersebut. Setelah Database dibuat kita hanya perlu membuat target markernya. Perhatikan pada database Akulah dan anuku pada target di database anuku terdapat 1 target sedangkan pada database yang Akulah masih 0. Double klik pada database dengan nama Akulah agar kita dapat memasukan sebuah target.
Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Setelah target dimasukan, pilih ceklist pada ceklist box kemudian Download Database(All). Kemudian pilih Unity Editor teman teman dan klik download.
Beralih pada Unity setelah selesai di import cek pada bagian Asset apakah data berhasil di import dengan cara pilih folder Editor>Vuforia>ImageTargetTexture>Akulah. Jika data berhasil di import maka didalam folder Akulah terdapat Target gambar 2d yang sudah kita masukan.
Selanjutnya teman-teman arahkan cursor pada menu hirarki ImageTarget agar dapat mengaktifkan inspector bagian sebelah kanan pada layar kerja (Scene), pada bagian tersebut teman-teman akan menemukan kata Database EMPTY dan Image Target EMPTY (bawah sebelah kanan).
Masih pada tahapan tersebut teman-teman tinggal meng-klik tulisan EMPTY, pada bagian inspector dan otomatis akan ada database Akulah dan Image target berupa gambar yang di jadikan target pada database tersebut.
Maka layar Scene akan berubah seperti gambar diatas tandanya teman-teman sudah meng-import target marker pada bagian image target. Catatan : pada layar scene seharunya muncul sebuah gambar yang akan dijadikan target marker, namun karena beda versi pada unity gambar hanya berupa kotak putih. teman-teman hanya perlu bermain pada layer scane dengan zoom in zoom out, mengatur tata letak kamera sesuai keinginan teman-teman dan ukuran suatu objek. Jika teman teman tidak paham bagaimana caranya,teman-teman diharapkan mempelajari terlebih dahulu dasar penggunaan scane pada unity. Selanjutnya menambahkan object 3D yaitu cube pada scane dengan cara seperti gambar dibawah ini. Hal ini bertujuan ketika kamera mendeteksi image target maka akan muncul suatu gambar 3D yang disebut Augment Reality.
Tools hand untuk memindahkan arah camera pada scene.
Tools move untuk memindahkan dan merubah tata letak object pada masing masing scene,
Tools rotation untuk merubah rotasi object pada scene.
Tools scale merubah ukuran object pada scene
Tools scale automatic merubah ukuran object secara otomatis pada scene.
Fungsi camera
teman-teman sudah bisa membedakan masing masing fungsi bukan.
Kemudian pada hirarki lakukan drag n drop Cube menuju Image Target, sehingga Cube menjadi Sub Image Target hal ini bertujuan cube 3D terdeteksi pada image target sehingga akan muncul nantinya.
Langkah Terakhir
Setelah teman teman mengatur posisi camera aktifkan pada bagian hirarki ARCamera (klik) Menuju inspector (sebelah kanan) pada bagian Datasets ceklis seperti gambar dibawah ini dan jangan lupa untuk Apply pengaturan tersebut.
Dengan cara aktifkan kembali cursor ke hirarki ARCamera menuju inspector dan Apply. Kemudian jalankan tombol play pada Scene (letak diatas Scene). Catatan: tombol tersebut akan membuild aplikasi AR kita, dan akan masuk pada mode game. ini adalah hasil akhirnya teman teman dapat mengeksplorasi imajinasi teman-teman lebih jauh lagi.
dan ini adalah hasil kreatifitas saya pada tutorial kali ini, modeling 3D saya mendowloadnya di Unity secara free dan saya hanya tinggal mengimport saja karakter tersebut. Untuk modeling sendiri ada yang berbayar dan free teman-teman namun pastikan terlebih dahulu anda telah login kedalam website tersebut.
Demikian tutorial dari saya mohon maaf bila ada kekurangan dalam, penyampaianya semoga teman-teman mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari artikel ini. Terimakasih.
0
0
0
share