0

0

0

share


0 Reaksi

0 Komentar

LibGDX Game Framework untuk Para programmer Java

Profile
Andreas Gunawan

4 November 2016

LibGDX Game Framework untuk Para programmer Java

Dengan semakin berkembangnya teknologi aplikasi khususnya game pada platform smartphone ataupun tablet, bukanlah hal yang mudah bagi para pendatang baru Indie Game Developer untuk terjun ke dalam aplikasi marketplace tanpa resiko apapun atau biaya sesedikit mungkin. Salah satu yang dapat menjadi alternatif pilihan adalah game framework LibGDX

LibGDX

LibGDX adalah open-source game framework berbasis bahasa pemograman Java, yang dalam proses pembuatannya menggunakan bahasa Java, dan native C/C++ untuk meningkatkan performa di dalam game. LibGDX juga mendukung pemograman secara cross-platform, sehingga memungkinkan programmer untuk mengexport aplikasi ke berbagai platform yang berbeda.

Fitur - fitur dalam LibGDX :

  1. Grafis
    • OpenGL ES 2.0
    • Costumize OpenGL ES 2.0 binding untuk Android 2.0 atau versi lebih tinggi
    • Low-level OpenGL helper, seperti : vertex arrays, vertex buffer objects, meshes, textures, framebuffer objects, shaders, simple shape rendering, mipmap generation, dll
    • High-level 2D API, seperti : orthographic camera, high performance sprite batch dan chacing, texture atlas, bitmap font, 2D particle system, TMX file support, dll
    • High-level 3D API, seperti : perspective camera, 3D particle system, 3D rendering API dengan material, dan lighting sistem, dll
  2. Audio : stream music dan sound effect playback untuk wav, mp3, ogg file support, dll
  3. Input Handling : mouse, touchscreen, keyboard, accelerometer, dan compas, gesture detector, dll
  4. File I/O dan Storage : preferences game data, filesystem abstraction untuk semua platform, dll
  5. Math dan Physics : box2D 2d physics library, bullet 3d physics library, intersection classes, matrix, vector, quaternion classes, dll
  6. Utilities : JSON writer, XML writer, primitive support
  7. Tools : particle editor, texture packer, bitmap font generator

Persiapan

Untuk instalasi libGDX dibutuhkan jdk versi 1.7 ke atas, android sdk, dan IDE mendukung gradle dan android project, dapat menggunakan android studio, netbeans, eclipse, dll

Disini saya menggunakan eclipse-neon untuk android, dapat di download pada link di bawah ini :

https://www.eclipse.org/downloads/eclipse-packages/eclipse

Untuk jdk, dan android sdk dapat di download pada link di bawah ini : 

Instalasi Android SDK

  1. Setelah mendownload android sdk, extract android sdk
  2. Buka sdk manager kemudian download instalasi package sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan
    sdkmanager
    Disini saya hanya menginstall Android 2.2, 4.2 dan 6.0, disarankan untuk menginstall Android 2.2 ke atas karena OpenGL ES hanya mendukung pada versi Android 2.2 ke atas

Konfigurasi Eclipse IDE dengan Android SDK

  1. Buka Eclipse IDE
  2. Pilih pada bagian tab menu, Window -> Preferences
    setting1
  3. Pilih lokasi SDK
    setting2

Konfigurasi Environment Variable pada Windows 7

  1. Klik pada tombol windows start, klik kanan pada computer, kemudian klik properties
    environment_varibles1
  2. Klik advanced system settings
    environment_varibles2
  3. Pada tab advanced, pilih environment variables
    environment_varibles3
  4. Buat dua user variables baru, untuk jdk dan untuk android sdk
    environment_varibles4
    environment_varibles5
    Isi variable dengan : 
    Untuk JDK,
    Username : JAVA_HOME
    Value         : C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_05
    (directory path file jdk yang telah di install)
    Untuk Android,
    Username : ANDROID_HOME
    Value         : C:\Users\Andreas\AppData\Local\Android\sdk
    (directory path file sdk yang telah di extract)

Instalasi dan Konfigurasi LibGDX 

Pada saat proses project setup dibutuhkan koneksi internet untuk mendownload library - library yang dibutuhkan pada saat kita mengenerate project

  1. Download libgdx setup pada link di bawah ini :
    https://libgdx.badlogicgames.com/download.html
    libgdx_1
  2. Buka libgdx setup
    libgdx_setup1 
    • Name
      Nama project yang akan kita buat, setiap project yang kita buat akan disertai suffix berdasarkan platformnya, misalnya
      pada desktop : my-gdx-game-desktop,
      pada android  : my-gdx-game-android
    • Package
      Nama java package tempat file MyGdxGame.java kita, biasanya package mendeskripsikan developer kita misalnya com.mygdx.game
      (com dari domain .com, mygdx dari nama developer kita, game dari nama game kita)
    • Game Class
      Nama java file kita, tempat semuanya berawal (atau bisa disebut juga main.java)
    • Destination
      Directory project kita, misalnya D:\Test\TestProject
      "D:\Test" adalah workspace kita
      "D:\Test\TestProject" adalah project folder kita
    • Android SDK
      Path file sdk directory kita, apabila telah di konfigurasi environment terlebih dahulu, path akan muncul secara otomatis
    • Sub-projects
      Mendeskripsikan project yang akan kita buat, untuk project ios membutuhkan robovm plugin dan komputer mac, untuk project html membutuhkan google web toolkit plugin
    • Extension
      Library tambahan yang kita butuhkan saat membuat game
  3. Pilih tombol advanced, kemudian pilih eclipse
    libgdx_setup2
  4. Pilih save, kemudian pilih tombol generate
  5. Libgdx setup akan mendownload dan mengenerate project. Setelah mendownload dan mengenerate project akan menampilkan tulisan "BUILD SUCCESSFULL" yang menandakan project setup telah berhasil
    libgdx_setup3
  6. Buka eclipse dan pilih workspace sesuai dengan destination project, kemudian import gradle project
    workspace
    gradle_import1
  7. Klik next, pilih project root directory sesuai dengan destination project
    gradle_import3
  8. Klik finish

Disini saya hanya akan menjalankan aplikasi untuk desktop, html dan android saja, karena saya mempraktekannya pada komputer windows yang tidak mendukung aplikasi ios

Menjalankan Aplikasi LibGDX di Desktop

  1. Klik kanan pada my-gdx-game-desktop, pilih Run As -> Java Application
    run_project1libgdx_run2

Menjalankan Aplikasi LibGDX di Web

Sebelum menjalankan aplikasi web, pastikan GWT plugin sudah terinstall dalam Eclipse IDE, jika belum dapat di install melalui eclipse marketplace atau dengan url berikut ini https://dl.google.com/eclipse/plugin/4.6

Pada eclipse IDE, pilih Help -> Install New Software...

Masukan url berikut ini https://dl.google.com/eclipse/plugin/4.6 ke dalam work with

gwt2

Pilih hanya google web toolkit saja, klik Next -> Finish

gwt1

Restart Eclipse, google web toolkit plugin telah berhasil terinstall

Untuk mejalankannya :

  1. Untuk menjalankan aplikasi web di google chrome, disarankan untuk menjalankan
    Web Application (Gwt Super Dev Mode)
  2. Klik kanan pada my-gdx-game-html, pilih Run As -> Web Application

    run_project2
    libgdx_run1

Menjalankan Aplikasi LibGDX di Android

  1. Sebelum menjalankan aplikasi di android pastikan project tidak ada error sama sekali, apabila ada error klik kanan pada android project, Properties -> Android, pilih salah satu android target
    android-trouble
  2. Klik kanan pada project android, pilih refresh
  3. Untuk menjalankan project android, dapat menggunakan emulator android pada avd manager atau dengan menggunakan goolge usb driver untuk dijalankan di device
  4. Klik kanan pada project android, Run As -> Android Application
    libgdx_run3

    Sekian tutorial dari saya, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, terutama untuk para newbie di indie game developer yang belum memutuskan mau ngegunain game engine mana untuk mendevelop game, jadi libgdx bisa menjadi salah satu pilihan..

    Referensi :
    https://github.com/libgdx/libgdx/wiki
    https://www.amazon.com/Learning-LibGDX-Game-Development-Second/dp/1783554770

0

0

0

share