Laravel 10 Akhirnya Rilis Juga

Muchammad Rizky Yudistira 10 Maret 2023

Laravel 10 Akhirnya Rilis Juga

Hola Coders, Di Tanggal 14 Februari kemarin, Laravel resmi merilis versi Laravel terbaru yakni Laravel 10. Lalu, adakah hal yang baru pada laravel 10 ini. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas. Cekidot.

Dilansir dari Laravel News.com, berikut ini adalah beberapa fitur yang baru dari Laravel 10.

  1. PHP versi 8.1 Bagi kalian yang menggunakan Laravel 9 dan tertarik untuk upgrade versi laravel nya ke Laravel 10, web server wajib hukumnya memiliki php versi 8.1 Loh, memangnya kenapa dengan versi php 8.0 ? Simak point pembahasan kedua

  2. Laravel 10 sudah tidak men support lagi php versi 8.0 Jika di Laravel versi 9, versi minimal php yang digunakan adalah versi php 8.0, maka di versi 10 ini, versi php yang digunakan adalah versi php 8.1. Jadi, jika kalian tertarik untuk menggunakan laravel versi 10 ini, pastikan di omputer kalian, versi php nya sudah versi 8.1. Hal tersebut ditambah dengan kabar, bahwa di bulan Desember 2022 tepatnya tanggal 8 kemarin, php mengeluarkan versi php terbaru yakni versi php 8.2.

  3. Fitur Laravel Pennant Laravel Pennant sendiri adalah sebuah package yang dibuat oleh tim Laravel yang menyediakan fitur flag atau penanda yang bisa diimplementasikan pada project kalian. Maksudnya adalah, dengan adanya package ini pada project kalian, apabila kalian ingin mengetes fitur terbaru, namun belum ingin dirilis untuk user umum, dengan fitur ini kita bisa assign ke user yang sudah kita beri rules untuk mencoba fitur yang kita buat (Beta Tester).

  4. Proses Layer for Laravel Fitur ini biasanya digunakan bagi kalian yang sering melakukan otomatisasi dari build sistem melalui CLI (Command Line Interface)

  5. Native type declarations di Laravel 10 Pada Laravel 10 ini, ada deklarasi dari tipe menggunakan php type hinting tanpa merusak kodingan sebelumnya. Maksudnya adalah, jika kalian melakukan update versi Laravel nya dari versi 9 ke versi 10, kodingan kalian tidak akan terganggu dengan update versi tersebut.

  6. Invokable Validation Rule Jika di Laravel 9 ketika membuat rule itu harus kita kasih flag-nya --invokable sedangkan pada versi 10 ini, meskipun kita tidak meberi flag seperti --invokable, sistem akan secara otomatis memberikan --invokable

  7. Method String yang baru untuk Password Dengan adanya method ini, kita bisa generate sebuah password yang kompleks untuk user tapi fleksibel namun bisa kita atur seberapa
    kompleks passwordnya, misalnya, kita ingin ada password nya ada karakter spesial, angka, Uppercase, Lowercase nya. Dengan ini, sekarang kita bisa minta Laravel nya untuk mengenerate nya.