0

0

0

share


0 Reaksi

0 Komentar

Kenalan yuk dengan Software Development Process Model Sashimi

Profile
Meme Today

15 November 2021

Kenalan yuk dengan Software Development Process Model Sashimi

Pengertian

Model sashimi (kenapa dinamakan demikian karena menampilkan fase yang tumpang tindih, seperti ikan sashimi Jepang yang tumpang tindih), terkadang disebut sebagai "model waterfall dengan fase yang tumpang tindih" atau "model waterfall dengan masukan". Karena fase dalam model sashimi tumpang tindih, informasi titik masalah dapat ditindaklanjuti selama fase yang biasanya, dalam model waterfall murni, mendahului fase lainnya. Misalnya, karena fase desain dan implementasi akan tumpang tindih dalam model sashimi, masalah implementasi dapat ditemukan selama fase desain dan implementasi proses pengembangan. Ini membantu meringankan banyak masalah yang terkait dengan filosofi Big Design Up Front dari watrerfall model.

Image

Proses Model Sashimi

Requirements

Pada proses ini, dilakukan penganalisaan dan pengumpulan data dan spesifikasi yang dibutuhkan untuk perangkat lunak. Hasil penganalisaan dan pengumpulan tersebut didokumentasikan dan diperlihatkan kembali kepada client.

Design

Pada proses Desain, dilakukan perancangan perangkat lunak sebelum dibuatnya proses pengkodean (coding). Proses ini berfokus pada struktur data, arsitektur perangkat lunak, interface, dan detail algoritma.

Implementation

Setelah melakukan proses Desain, adalah melakukan proses implementasi dengan data - data yang sudah dikumpulkan pada proses Requirements dan Design. Menjadi bahasa program yang sudah ditentukan menjadi aplikasi.

Verification

Ditahapan ini, dilakukan proses tinjauan/pemeriksaan guna apakah proses yang telah dilakukan sesuai dengan kebutuhan (requirements) yang ditetapkan.

Deployment

Deployment merupakan tahapan implementasi software ke customer, pemeliharaan software secara berkala, perbaikan software, evaluasi software, dan pengembangan software berdasarkan umpan balik yang diberikan agar sistem dapat tetap berjalan dan berkembang sesuai dengan fungsinya. Presentasi dan penyerahan perangkat lunak ke client

Maintenance

Maintenance merupakan sebuah pemeliharaan sistem untuk meningkatkan atau memperbaiki kinerja sistem tehadap fitur-fitur yang ada. Maintenance berfokus pada perubahan yang dihubungkan dengan koreksi kesalahan, penyesuaian yang dibutuhkan ketika lingkungan perangkat lunak berkembang, serta perubahan sehubungan dengan perkembangan yang disebabkan oleh perubahan kebutuhan klien. perbaikan dan peningkatan perangkat lunak

0

0

0

share