Job desc Game Designer itu apa aja sih?

Levi
Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 13.49
Image

Hi semua Coders kembali lagi di series ini!

Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang dari mana game design itu bisa dipelajari, nah sekarang saatnya kita membahas job desc dari Game designer yuk!

Sebelum kita bahas mungkin akan saya ingatkan kembali bahwa Game designer itu berbeda dengan Game Developer ya, jadi jangan salah lagi untuk bisa membedakannya karena walaupun terlihat sama tetapi berbeda loh, Langsung aja yuk kita mulai!

1. Paham untuk Membuat Gameplay

Nah untuk yang pertama ini adalah yaitu Gameplay dan sebenarnya gameplay ini akan banyak turunannya lagi, tetapi untuk mempersimple penjelasan maka akan saya bagi menjadi beberapa bagian penting yaitu mulai dari Storyline, Game rules, Narration, World Building, Character. Walaupun masih banyak lagi turunan dari Gameplay ini tapi biasanya yang paling penting itu adalah bagian tersebut dikarenakan gameplay sendiri adalah bagian yang dibuat untuk bisa dibilang memetakan semua arah dari game nya agar bisa terlihat mulai dari alur sampai dengan dunia di dalam gamenya tersebut, dan Gameplay ini beda dengan Game Mechanics ya!

2. Bisa Mengatur Game Systems

Dan yang kedua ini adalah pengaturan yang akan digunakan di gamenya nanti, bisa dibilang secara mudah bahwa bagian ini adalah bagian yang lebih mengarah ke pengaturan dari game nya tetapi bukan membuat system codingnya ya melainkan hanya menjabarkan bahwa apa aja sih yang akan ada di pengaturan gamenya dan juga mengatur keseimbangan (balancing) yang harus di seimbangkan dari bagian Gameplay sebelumnya agar Game Mechanicsnya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan arahan dari Gameplay nya

3. Mengerti apa itu Game Mechanics

Apakah kalian tau Game Mechanics? walaupun sebagian dari kalian tidak mengetahui apa itu Game Mechanics tetapi kalian pasti sering melihat Game mechanics dari game yang sering kalian mainkan, Yups benar banget jika kalian sadar bahwa setiap dan semua pergerakan dari character atau sebuah game yang kalian mainkan itu adalah bagian dari Game Mechanics loh! Secara simple Game Mechanics adalah sebuah mekanik yang mengatur gerak gerik semua game nya, Yang sebelumnya itu di list pertama ada Gameplay nah dan Gameplay itu sendiri adalah pemetaan dari seluruh gamenya tetapi tidak termasuk dengan pergerakan dari semua hal yang ada di gamenya, dan disitulah Game Mechanics hadir untuk menjadikan gamenya lebih hidup dan bisa lebih Playable!

4. Creativity & Idea!

Yups benar sekali, Ide! Dan jika kalian ingin menjadi game designer maka hal utama yang paling penting itu adalah Ide dan kenapa harus ide? Karena jika kalian perhatikan semua game yang telah beredar dimanapun itu selalu dengan konsep baru atau modifikasi dari game sebelumnya menjadi game yang baru agar lebih fresh dan lebih modern pastinya, Dan itulah kenapa Ide itu sangat penting dari Game Designer tersebut!

5. Leadership

Kok ada Leadership segala sih? Yup gak salah kok jika ada Leadership di list ini karena ini juga salah satu hal penting dari job desc game designer loh, memang tidak akan ada jika kalian melamar jadi game designer junior tetapi akan sangat diperlukan jika kalian melamar jadi game designer senior dikarenakan Game designer itu adalah pemegang kendali atas semua hal yang ada di game nya nanti dikarenakan semua dokumentasi dan juga ide nya itu berasal dari game designer yang akan di kerjakan oleh game developer, jadi mempunyai skill leadership itu sangat perlu!

6. Copywriting

Menulis adalah hal utama yang paling di perlukan oleh semua Game Designer karena ide dan hal penting yang akan dimasukkan di game itu harus di tulis di dokumentasi yang tertulis dengan rapih dan jelas, jadi sebisa mungkin kalian harus bisa menulis secara rapih dan juga benar ya karena dokumentasi itu adalah tugas paling penting bagi Game Designer!

7. 3D Modelling & 2D Illustrations

Nah sebelumnya sudah dijelaskan bahwa skill penting dari Game designer juga salah satunya adalah 3D dan 2D yang akan sangat penting nantinya di setiap pekerjaan atau bagiannya, dan maka dari itu 3D Modelling & 2D Illustrations masuk ke daftar job desc game design ya!

Dan tadi itu adalah job desc yang kemungkinan paling dibutuhkan dan dicari untuk melamar sebagai game designer ya!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan juga mari kita lanjutkan dan ikuti terus ya series ini!

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini