Ingin jadi Game Designer atau Game Developer Indie? Berikut adalah cara caranya!

Levi
Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 13.50
Image

Hey Coders kembali lagi di #Game-Design-Series!

Nah sebelumnya kita telah membahas banyak hal terkait apa itu game sampai skill apa saja yang diperlukan untuk menjadi game designer!

Dan kali ini kita akan membahas bagaimana sih kita bisa menjadi Game designer ataupun Game developer Indie? Nah apasih kata Indie itu di pembahasan kali ini? Nah kata Indie di sini akan mengacu kepada suatu team yang akan membuat atau di kerjakan oleh beberapa orang dalam sekala kecil dan bukan seperti di perusahaan besar atau AAA (Triple A), nah untuk perbedaan antara Game indie dan Game AAA bisa kalian baca di artikel selanjutnya ya!

Yuk kita lanjut untuk membahas terkait bagaimana caranya menjadi Game Designer/Developer Indie sampai mempublishnya ke publisher!

1. Team

Hal paling penting yang paling pertama adalah Team! Yup betul banget bahwa Team itu harus ada tetapi sebagian ada juga loh yang tanpa Team tapi ini sangat tidak disarankan sekali karena akan memberatkan atau menyulitkan diri sendiri jadi gak rekomendasi banget deh untuk kalian yang masih pemula atau masih belum professional! Dan juga kenapa team itu sangat penting? karena Game Indie itu identik dengan team yang sedikit tapi maksimal dari setiap bagiannya dan apa aja sih bagian yang perlu ada di teamnya itu?

2. Minimalis tetapi maksimal!

Nah berbeda banget dengan perusahaan game AAA yang dimana mereka memiliki puluhan sampai ratusan bahkan lebih untuk pekerjanya dan hanya berfokus untuk membuat satu game dengan sekala besar, Nah berbeda nih dengan Game Indie karena mereka hanya mengandalkan beberapa orang yang bahkan kurang dari 10 orang bahkan kurang dari 5 orang loh! Kok bisa sih? alasannya adalah seperti ini, Di Game indie sendiri itu biasanya berfokus untuk membuat 1 game bersama sama dan hanya mengandalkan sekitar 3-5 org biasanya dengan per orangnya itu sangat maksimal untuk mengisi bagian bagian yang sangat di perlukan seperti contohnya Game developer, Game designer, 2D Art, 3D modeling, Project managers (jarang tetapi ada sebagian menggunakan Project manager). Nah terkadang juga ada loh yang sampai hanya 2 orang saja yaitu Game developer dan juga Game designer dan juga terkadang hanya di kerjakan oleh 1 bagian yaitu hanya Game developer tapi pasti kalau sendirian berat banget yah pasti!

3. Kickstarter

Kickstarter adalah sebuah platform pendanaan umum dan untuk kalian yang ingin membuat game indie tanpa mempunyai investor atau bingung mencari investor nah kalian bisa loh menaruh project game kalian di Kickstarter dan mendapatkan pendanaan dari orang lain secara umum dengan mengikuti peraturan dan persyaratan yang telah tertulis disana maka kalian akan mendapatkan pendanaan untuk project kalian! Kunjungi Kickstarter untuk info lebih lanjut. Walaupun banyak platform funding lainnya tapi biasanya kickstarter lebih dikenal dikalangan Game indie!

Nah tadi itu adalah bagaimana caranya kalian bisa menjadi Game designer/developer indie dengan cara mudah seperti membangun team dan membuat project bersama sampai pendanaan dari kickstarter!

Memang membuat game dengan sekala team kecil mungkin akan terlihat menyulitkan tetapi semua akan menjadi mudah jika memiliki goals yang sama demi project yang akan dibuat!

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai dan mari kita lanjut ke artikel selanjutnya ya!

#Game-Design-Series-7

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini