0

0

0

share


#bluemixchallenge
0 Reaksi

0 Komentar

Deadliners Meraih Juara 1 dalam Bluemix Challenge 2014

Profile
Andri Priyanto

16 Desember 2014

Acara Bluemix Challenge 2014 Final merupakan lanjutan dari Roadshow Bluemix Challenge yang pernah diadakan sejak September lalu. Pada Roadshow Bluemix Challenge, IBM bersama Nyankod mengadakan seminar ke berbagai kampus untuk membahas teknologi cloud serta memperkenalkan Bluemix kepada teman-teman mahasiswa. Kampus-kampus yang berkesempatan dikunjungi oleh IBM dan Nyankod dalam Roadshow Bluemix Challenge 2014 adalah Universitas Indonesia, Universitas Multimedia Nusantara, IPB, ITB, UPI, Telkom University, dan LPKIA Bandung.

Dari seluruh kampus yang dikunjungi Roadshow Bluemix Challenge, hanya 7 tim yang berkesempatan untuk menjadi finalis di acara Bluemix Challenge 2014 Final, ketujuh tim tersebut adalah:

[caption id="attachment_2523" align="aligncenter" width="350"]Final Roadshow Bluemix Challenge 2014 Salah satu finalis tengah presentasi[/caption]

Dari ke tujuh tim diatas, Deadliners dari Telkom University dengan aplikasinya AyoReview berhasil merebut juara pertama, kemudian disusul oleh GoodCash dari ITB dengan aplikasi GoodCash di tempat kedua, lalu tim Inklusik dari ITB dengan aplikasi Inklusik-nya harus puas berada di posisi ke tiga.

[caption id="attachment_2524" align="aligncenter" width="350"]Final Roadshow Bluemix Challenge 2014 Pemenang juara 1, 2, dan 3 Bluemix Challenge[/caption]

AyoReview merupakan sebuah aplikasi web portal yang berisi review dalam berbagai kategori, sehingga apabila kita ingin mencari review apapun tinggal membuka AYOREVIEW. Diweb ini berfokus pada review sehingga fitur-fitur yang ada sudah disesuaikan dengan kebutuhan review. Sedangkan GoodCash, aplikasi yang membawa tim nya menjadi juara ke-2, merupakan aplikasi yang berguna untuk mengatur keuangan. Kemudian Inklusik adalah aplikasi yang berguna untuk menambah pengetahuan kita mengenai alat-alat musik tradisional seperti kendang, seruling, dan angklung.

[caption id="attachment_2526" align="aligncenter" width="350"]Final Roadshow Bluemix Challenge 2014 Pemberian hadiah kepada tim pemenang juara 1[/caption]

[caption id="attachment_2525" align="aligncenter" width="350"]Final Roadshow Bluemix Challenge 2014 Pemenang Juara 1, Tim Deadliner[/caption]

Dalam Bluemix Challenge ini point pemenang ditentukan dari 3 hal, yaitu: dari segi bisnis, originalitas, dan penggunaan layanan dari Bluemix.

Ide pembuatan aplikasi AyoReview sebenarnya berawal dari kegalauan ketika akan mencari review tentang film apa yang akan ditontonnya dan juga mencari review tentang HP baru ataupun yang lain-lainnya. Dia merasa situs-situs atau forum-forum dalam negeri yang memberikan review akan suatu hal dirasa kurang meyakinkan dikarenakan informasi yang diberikan belum terverifikasi dan apabila melihat review dari situs ataupun forum luar negeri belum ada standarisasi. Berawal dari hal tersebut akhirnya mereka pun membuat aplikasi AyoReview ini, sebuah web portal yang berisikan review-review suatu barang ataupun hal lain. Namun sebelum menemukan ide tentang review tersebut, dalam pengembanganya mereka sempat stuck di penentuan ide. 3 minggu waktu untuk pengembangan aplikasi, ide baru didapat di minggu-minggu terakhir sebelum deadline sehingga dalam pengembangan aplikasi mereka hanya melakukanya dalam waktu kurang lebih 10 hari itupun disela-sela pengerjaan skripsi mereka, ungkap Ainu Faisal Pambudy saat ditanya oleh CodePolitan perihal ide dasar aplikasi.

Ainu Faisal Pambudy menambahkan bahwa pemilihan nama "Deadliner" sebagai nama tim, terinspirasi dari kebiasaan mereka (anggota tim ini, Ainu dan Indra) yang termasuk tipe orang yang dalam mengerjakan sesuatu menggunakan sistem deadline, pernah ketika mengikuti suatu perlombaan internal dalam kampus, dalam pengerjaannya hanya diselesaikan dalam waktu 1 malam, namun hal itu membawa mereka menjadi juara 1 dalam perlombaan itu. Dalam kedepanya mereka akan melanjutkan pengembangan aplikasi ini dikarenakan melihat dari potensi yang peminatnya akan banyak akan aplikasi ini.

0

0

0

share