Apache Ant 1.9.6. Telah Rilis

Yana Permana
Minggu, 5 Juli 2015 pukul 23.38
Image

Tim developer Apache Ant telah merilis Apache Ant 1.9.6. Banyak perbaikan diantaranya regresi paket zip Ant yang telah diperkenalkan pada Ant 1.9.5.

Apache Ant merupakan library Java dan sebuah kakas dengan antarmuka command-line (CLI) yang membantu kita dalam mengembangkan software. Lebih rincinya, Apache Ant adalah library Java dan kakas command-line (CLI) yang bertujuan untuk mengatur proses yang digambarkan dalam build macam-macam file sebagai target dan poin ekstensi yang bergantung satu sama lain.

Kegunaan utamanya adalah Ant membantu kita untuk membangun aplikasi Java. Ant menyuplai task built-in yang membolehkan untuk kompilasi, perakitan, pengujian dan menjalankan aplikasi Java. Ant juga dapat digunakan secara efektif untuk membangun aplikasi non Java, contoh aplikasi C atau C++. Lebih umum, Ant dapat digunakan untuk mengatur berbagai tipe proses yang dapat digambarkan dalam hubungannya dengan target dan task.

Ant sendiri dibangun dari Java. Pengguna Ant dapat membangun library-nya sendiri yang berisi task dan tipe Ant yang disebut antlibs. Dan didalamnya ditawarkan berbagai antlibs, mulai yang komersil hingga gratis. Source code dan distribusi binary sudah tersedia dan siap diunduh dari situs resmi Apache Ant.

Ant Binary Download

Source Code Download

Ketika mengunduh, jangan lupa verifikasi signature dengan file KEYS yang tersedia pada url diatas. Apa saja perbaikan bugs yang dilakukan? Diantaranya adalah ArrayIndexOutOfBoundsException ketika ZIP extra fields dibaca dan entry berisi UnparseableExtraField. Sedangkan perubahan lainnya diantaranya resource Hidden telah diterbitkan sekarang. Kegunaannya adalah membaca value dari java constant yang spesifik.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat pada situs resmi Ant, termasuk instruksi-instruksi bagaimana cara men-submit laporan bug, patch, atau saran untuk peningkatan bisa diakses di situs http://ant.apache.org/

(yp/ant/apache)

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini