Apa perbedaanya Game Indie dengan Game AAA (Triple A)?

Levi
Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 13.51
Image

Hey there Coders! Kembali lagi di series #Game-Design-Series yang membahas semua hal tentang Game! Seru bukan? Dan di series ini tidak hanya membahas terkait dunia game design aja loh melainkan banyak hal lainnya seperti yang akan kita bahas di artikel kali ini!

Nah topik kali ini adalah tentang perbedaan Game Indie dan Game AAA yang akan seru banget tetapi walaupun di judul kali ini hanya tertulis Game indie dan Game AAA tetapi ada lagi loh istilah kelas di dunia game seperti Game AA, Game Shovelware, Game III dan semua nya memiliki keunikan sendiri dan ciri khas sendiri tetapi disini kita akan membahas terlebih dahulu terkait perbedaan Game Indie dan Game AAA ya!

Budget

Nah yang pertama ini adalah dari segi budget nya guys dan apakah kalian tahu kenapa Game AAA itu di bilang game dengan produksi mahal? Karena biaya produksi Game AAA itu melebihi 1 Triliun loh dan itu bukan biaya yang sangat dikit jadi wajar aja jika hasilnya juga luar biasa banget dan berbeda dengan Game indie walaupun budgetnya tidak sebanyak Game AAA tapi biasanya hasilnya jga gak kalah loh!

Result

Perbedaan keduanya adalah dari hasil yang dibuat, walaupun Game AAA selalu jauh lebih bagus tetapi tidak menutup kemungkinan untuk Game indie bersaing bahkan banyak sekarang Game indie yang telah membuat banyak game yang sangat bagus loh seperti contohnya itu adalah Among Us, Valheim, Undertale Stardew Valley dan Minecraft! Nah jadi walaupun Game indie tidak bisa sebagus Game AAA tapi sekarang sudah lumayan banyak yang bisa bersaing dengan Game AAA!

Team

Yup betul sekali Team! Tahukah kalian bahwa berapa rata rata pekerja di Game AAA itu berapa? Rata rata pekerja di Game AAA itu untuk perprojectnya bisa sampai lebih dari 100 orang loh biasanya! Nah sangat berbeda dengan Team yang bekerja di Game indie loh, Apa sih yang ngebuat mereka berbeda? Walaupun team Game indie itu biasanya 1-10 tetapi semua orang yang bekerja di game indie selalu cukup dan siap dikarenakan setiap pekerja akan bekerja sesuai dengan roles mereka dan semuanya di handle oleh setiap orang per rolesnya, berbeda dengan Game AAA nih, kenapa? Karena biasanya Game AAA itu selalu banyak cerita dan bahkan gamenya cukup kompleks jadi itulah alasan kenapa pekerja untuk disetiap project/game nya itu selalu banyak orang yang terlibat!

Nah tadi itu adalah perbedaan yang sangat terlihat dari Game AAA dan juga Game Indie! Apakah kalian sudah bisa memahami perbedaan dari keduanya? Jika sudah yuk kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yuk!

Terima kasih yang sudah membaca sampai selesai~!

#Game-Design-Series-9

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini