Apa perbedaan Game Designer vs Game Developer?

Levi
Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 13.49
Image

Hello Coders! Kembali lagi nih di #Game-Design-Series dan kali ini topik nya adalah perbedaan antara Game Designer dan Game Developer!

Sebelumnya telah dijelaskan dan ingatkan kembali bahwa Game designer dan Game Developer itu berbeda walaupun terdengar sama loh, Nah contoh mudahnya itu seperti UI/UX web designer dan juga Web Developer, dan pastinya kalian sendiri pasti tahukan perbedaan antara kedua hal itu? Yups betul banget Coders bahwa perbedaannya itu sangat terlihat jelas dari job desc dan juga pekerjaan nya yang dimana designer itu biasanya membuat design dan juga developer itu untuk membuat atau mengembangkan suatu program nya yang telah di design oleh designer nya.

Banyak hal yang membuat perbedaannya sangat terlihat seperti berikut ini

Job Desc

Nah perbedaan yang pertama itu adalah dari segi perkerjaan yaitu Game designer hanya berfokus terhadap rancangan sampai ke bagian tata letak dari sebuah objek objek di dalam gamenya sebelum nantinya di lanjutkan oleh Game developer, dan untuk pekerjaan dari Game Developer sebenarnya itu terbagi bagi dalam beberapa hal lainnya tetapi secara singkat dan jelas sebenarnya Game developer itu bertugas untuk mengerjakan pemrograman mulai dari game engines sampai dengan bagian pemrograman tertentu tergantung dari tipe gamenya.

Salary

Yup benar banget nih salary nya dan apakah kalian tahu perbedaannya juga terlihat dari Salary nya, Dan untuk perbedaannya itu Game designer itu bisa lebih kecil dari Game Developer tetapi tergantung dari jabatannya itu sendiri, terkadang maksimal salary dari game developer itu bisa lebih kecil dari pada senior atau bahkan leader dari game designer itu sendiri walaupun junior game designer dan juga junior game developer itu masih lebih banyak game developer untuk tingkatan junior tetapi jika sudah naik tingkatnya maka akan semakin tinggi pula perbedaan dari keduanya.

Roadmap belajar

Nah ini juga paling beda nih, kenapa dibilang paling beda? karena sampai ditulis artikel ini masih sedikit sekali tutorial ataupun courses yang menyediakan pembelajaran untuk Game Design loh, dan pasti jika kalian mencari tutorial Game design maka yang keluar adalah game development tutorial/courses dan ini juga salah satu kesulitan untuk mencari pembelajaran terkait game design dan semoga nantinya Codepolitan akan menyediakan courses untuk Game design ini ya! Ditunggu terus pokoknya!!!

Dan tadi itu adalah perbedaan yang sangat terlihat antara Game designer dan Game Developer, Nah sekarang udah ngerti antara perbedaan tersebut belum? Dan sekarang jangan sampai keliru lagi ya untuk membedakan nya!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan ikuti terus series ini dan jika kalian belum baca series sebelumnya silahkan untuk kembali ke series sebelumnya untuk bisa mengikuti series ini ya!

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini