Apa perbedaan dari Copywriter dan Game Designer?

Levi
Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 13.50
Image

Hi Coders Kembali lagi kita di #Game-Design-Series dan kali ini kita akan membahas perbedaan antara Copywriter dan juga Game designer!

Nah pasti kalian merasa jika game designer itu mirip dengan copywriter bukan? sebenarnya bisa dibilang hampir mirip tapi masih tetap berbeda ya coders, Dan kalian tahu apa perbedaan dari keduanya? Yuk simak sampai selesai ya!

Dan jika kalian masih belum membaca artikel dari series ini sebelumnya, maka sebaiknya kalian baca dulu ya agar bisa mengikuti series ini dan jika kalian sudah mengikuti dari awal series ini kalau begitu kita langsung saja ya!

Game designer berfokus kepada Rancangan Game

Nah perbedaan paling signifikan nya yaitu dari tugas dari game design nya nih, Karena jika Copywriter itu hanya berfokus terhadap banyak hal seperti contohnya, Menulis artikel, Menulis berita, Membuat blog, dll. Nah dikarenakan Copywriter itu bertugas sebagai penulis secara global dan sedikit berbeda dengan Game Designer yang hanya berfokus untuk menulis segala hal tentang project ataupun game yang sedang dirancang, walaupun sebelumnya di jelaskna bahwa ada hal yang memerlukan skill seperti copywriting tetapi skill itu hanya digunakan untuk menulis dengan rapih agar dokumentasinya bisa mudah dibaca.

Tujuan dari tulisan yang akan ditulis

Nah beda juga dibagian ini, ingat Game designer itu membuat tulisan ataupun dokumentasi hanya untuk perusahaan/tempat kerja dari game designer tersebut untuk membuat atau merancang sebuah game dari dokumentasinya dan tidak untuk di publish. Berbeda dengan Copywriter yang biasanya mereka diminta untuk menulis hal hal yang akan di publish ke publik dan bahkan sampai membuat slogan, Yang artinya Copywriter ini adalah penulis untuk publikasi dan Game designer itu adalah penulis untuk sebuah perusahaan/tempat kerja yang akan merancang sebuah game!

Skill khusus

Lanjut kebagian dimana Skill itu mempengaruhi pekerjaan kita, seperti yang kalian ketahui bahwa setiap pekerjaan mengharuskan pekerjanya memiliki skill yang memumpuni ataupun cocok dalam pekerjaan tersebut, Nah apakah skill dari Copywriter dan Game designer itu berbeda? Untuk overall skill nya sebenarnya tidak terlalu berbeda karena skill utama dari kedua hal tersebut adalah menulis, tetapi yang paling membedakan adalah dari bidang Game designer yang pekerjanya mengharuskan memiliki skill khusus yang berhubungan dengan game seperti 3D modelling, 2D art, A.I Scripting, Game Engines dll. Nah dari skill itu lah yang membedakan Copywriter dengan Game designer dan secara singkatnya adalah Game designer itu harus memiliki pengalaman atau pengetahuan terkait hal game yang lebih spesifik dan berbeda dengan Copywriter yang hanya berfokus kepada penulisan nya saja tanpa perlu skill khusus dan spesifik seperti Game designer.

Nah tadi itu adalah penjelasan terkait perbedaan dari Copywriter dan juga Game designer ya! Dan jika kalian sudah paham terkait point point di atas, Yuk kita lanjut ke artikel selanjutnya ya!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir ya!

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini