Apa itu SMTP? Kenalan dengan SMTP Yok

Faisal Hanafi
Selasa, 6 September 2022 pukul 13.21

Hallo Coders...

Sebenarnya, apa itu SMTP sih? Tentunya kalian pernah dengar tentang SMTP kan. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, dan ini adalah aplikasi yang digunakan oleh server email untuk mengirim, menerima, dan/atau menyampaikan email keluar antara pengirim dan penerima email.

Server email SMTP memiliki alamat yang dapat diatur oleh klien email atau aplikasi yang Kita gunakan dan umumnya diformat sebagai smtp.serveraddress.com. Misalnya, server SMTP yang digunakan Gmail adalah smtp.gmail.com, dan Twilio SendGrid adalah smtp.sendgrid.com. Kita biasanya dapat menemukan alamat server email SMTP kita di bagian akun atau pengaturan klien email kita.

Saat kita mengirim email, dengan host SMTP Gmail atau AOL, server SMTP memproses email kita, memutuskan server mana yang akan mengirim pesan, dan menyampaikan pesan ke server tersebut. Penyedia layanan kotak masuk penerima, seperti Gmail atau AOL, kemudian mengunduh pesan dan menempatkannya di kotak masuk penerima.

Sumber gamber : https://www.gatevidyalay.com

Apakah server SMTP sama dengan server biasa?

Secara teknis, ya. Seperti kebanyakan server, server SMTP memproses data untuk dikirim ke server lain, tetapi memiliki tujuan yang sangat spesifik untuk memproses data yang terkait dengan pengiriman, penerimaan, dan pengiriman email. Server SMTP juga tidak harus ada di mesin. Ini adalah aplikasi yang terus berjalan untuk mengantisipasi pengiriman email baru.

Mengapa server SMTP penting?

Tanpa server SMTP, email kita tidak akan sampai ke tujuannya. Setelah kita menekan "kirim", email kita berubah menjadi serangkaian kode yang kemudian dikirim ke server SMTP. Server SMTP dapat memproses kode itu dan meneruskan pesan. Jika server SMTP tidak ada untuk memproses pesan, pesan tersebut akan hilang dalam terjemahan.

Selain itu, server SMTP memverifikasi bahwa email keluar berasal dari akun aktif, bertindak sebagai perlindungan pertama dalam melindungi kotak masuk kita dari email tidak sah. Itu juga akan mengirim email kembali ke pengirim SMTP jika tidak dapat dikirim. Ini memberi tahu pengirim bahwa mereka memiliki alamat email yang salah atau bahwa email mereka diblokir oleh server penerima.

Demikian sedikit penjelasan tentang SMTP, semoga Membantu :)

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini