Apa Itu Metaverse?

Levi
Jumat, 29 Juli 2022 pukul 10.40

Halo Coders! Apakah kalian tau apa itu Metaverse dan sampai apa saja yang bisa kita lakukan di Metaverse? Dan apa aja sih Metaverse yang ada sekarang ini? Yuk simak terus sampai selesai ya!

Metaverse dalam bahasa indonesia adalah Metamesta atau dunia fiksi dan apa itu metamesta? Dikutip dari wikipedia "Metamesta adalah bagian Internet dari realitas virtual bersama yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dalam dunia internet tahap kedua." Dan juga Metaverse bisa dijelaskan seperti Metaverse adalah dunia virtual yang bisa kita mainkan dan bisa melakukan banyak hal yang kita inginkan di Metaverse tersebut.

Nah sekarang apakah kalian sudah memahami apa itu dasar dari pemahaman Metaverse itu sendiri? Kalau sudah paham dengan kutipan diatas yuk sekarang lanjut ke tahap Metaverse apa aja yang bias kita lakukan di Metaverse ya!

Apa saja yang bisa kita lakukan di Metaverse sih?

Nah untuk hal yang bisa kita lakukan sekarang di Metaverse saat ini adalah tergantung dari platform yang kita gunakan "Baca Platform Metaverse yang paling banyak digunakan saat ini" Kenapa tergantung dari Platform yang kita gunakan? karena untuk saat ini Metaverse sebenarnya belum sepenuhnya bisa melakukan banyak hal yang kita ingin tetapi sudah bisa melakukan hal lain seperti contohnya adalah berinvestasi sampai dengan jual beli dan mendapatkan mata uang digital (Digital Currency).

"Baca Apa itu Digital Currency"

Masih banyak hal lagi yang akan bisa dilakukan di Metaverse tetapi sebelum itu mari kita bahas apa aja sih Metaverse yang sudah ada sekarang ini?

Sebelum ke list utama dari Metaverse yang sudah ada mari kita bahas terlebih dahulu sejarah singkat Metaverse dari sebelum Booming sampai saat ini!

Metaverse pertama yang membuat Booming dunia yang telah di luncurkan pada tanggal 29 oktober 2021 adalah Mark Zuckerberg yang telah membranding ulang nama Facebook menjadi nama Meta begitupula dengan Metaverse yang mereka luncurkan, lalu setelah Mark Zuckerberg ada pesaing besar lainnya yaitu dari Microsoft yaitu Satya Nadella, Tak ingin kalah dari Metaverse buatan Mark Zuckerberg maka dari itu Satya Nadella berinovasi lebih maju dan membuat Metaverse saingan yang tak keren kalahnya dari buatan Meta.

Dan diatas adalah cerita singkat bagaimana Metaverse bisa sangat Booming disaat ini, Yuk kita lanjut dengan pembahasan list Metaverse yang sudah ada dan paling sering digunakan saat ini!

1. The Sandbox

Yang pertama ini adalah berasal dari The Sandbox, apa sih The Sandbox itu? The Sandbox adalah sebuah Game berbasis Metaverse yang bisa kalian langsung coba mainkan dengan hanya mendownload Game nya di Official websitenya yaitu di https://www.sandbox.game/en/.

2. Decentraland

Yang kedua adalah Decentraland, sebuah metaverse yang sudah hampir bisa melakukan banyak hal termasuk jual beli asset digital dan banyak hal lainnya yang bisa kalian lakukan di Decentraland dan kalian juga bisa coba langsung di websitenya loh tanpa harus install apapun! Yuk kunjungi https://decentraland.org/

3. Axie Infinity

Yang ketiga adalah Axie Infinity, sebuah game based yang bisa dibilang salah satu game metaverse yang paling banyak orang mainkan yang berbasis 2D ini, walaupun tidak banyak yang bisa dilakukan seperti 2 list diatas tetapi Axie Infinity bisa mendapatkan uang digital jika kita memainkan game tersebut jadi bisa dibilang game ini juga salah satu Metaverse karena menggunakan teknologi blockchain.

Dan diatas adalah Metaverse yang sudah ada saat ini yang bisa kalian coba langsung! Masih banyak lagi Metaverse yang bisa kalian coba nantinya dengan melihat list yang bisa kalian baca ini ya!

"Baca Platform Metaverse yang paling banyak digunakan saat ini"

Dan itulah penjelasan singkat apa itu Metaverse dan baca artikel lainnya terkait hal yang masih berhubungan dengan Metaverse di Codepolitan ya!

Tags:
What Is? Metaverse apa itu metaverse The Sandbox Decentraland Axie Infinity Meta