0

0

0

share


#GameDesignSeries#Gamedesign#apaitugamedesign#Roadmapgamedesign
0 Reaksi

0 Komentar

Apa itu Game Design?

Profile

Levi9 Oktober 2022

Apa itu Game Design?

Haloo coders!

Apakah kalian tau apa itu Game design? jika belum yuk simak sampai selesai ya!

"Desain permainan, bagian dari pengembangan permainan, adalah proses mendesain atau merancang konten dan peraturan permainan dalam tahap pembuatan dan perancangan tata permainan, lingkungan, alur cerita, dan karakter selama tahap pembuatan. Istilah ini juga digunakan untuk menjelaskan desain permainan yang ada di dalam suatu permainan dan dokumentasi yang menjelaskan desain seperti itu. Desain permainan memerlukan keahlian artistik dan teknis serta kemampuan menulis yang baik." -Wikipedia.

Nah penjelasan dari wikipedianya itu seperti itu dan apakah kalian sekarang sudah paham dengan point diatas? Jika belum yuk kita lanjut!

Penjelasan

Game design adalah suatu pekerjaan yang mungkin jarang kalian dengar di indonesia tetapi hampir seluruh Game yang pernah kalian mainkan itu selalu ada Game Designer di belakang semua game tersebut selain Game Developernya loh, tetapi apakah kalian tau jika game simple seperti mario bros yang saat kita kecil sering mainkan tersebut telah di design sedemikian mungkin dan hasilnya seperti yang kalian lihat bahwa semua di game tersebut telah tertata dengan baik, dan begitulah Game design tersebut bekerja.

#Tugas sebagai Game designer

Tugas apa saja yang perlu dilakukan oleh game designer? Sebenarnya ada banyak tugas yang perlu dikerjakan oleh Game designer loh, Dan disini akan dijelaskan sedikit tentang tugas tersebut, dan berikut adalah tugas tugas yang biasanya di kerjakan oleh Game designer!

Game Content Designer

Image

Tugas sebagai Content Designer adalah membuat semua hal terkait cerita dan juga hal yang berkaitan dengan karakter mulai dari Player (Main character) itu sendiri dan juga NPC (Non-Playable Character), Dan Content Designer biasanya juga membuat world design nya yang akan menceritakan bagaimana isi dari dunia di dalam game tersebut dan juga mengatur arahnya cerita dan gameplay nya.

Game Level Designer.

Image

Tugas sebagai Level Designer adalah biasanya membuat 3D map dan tata letak dari setiap tempat yang ada di Game map itu sendiri, dan biasanya juga mengatur tingkatan dari setiap tantangannya sendiri, Dan membuat setiap rintangan dan tingkatan di setiap map nya yang akan menyesuaikan dengan cerita yang telah di buat oleh Game Content Designer.

Game System Designer

Image

Tugas sebagai System Designer adalah seperti orang yang menyeimbangkan semua hal terkait game nya, mulai dari mechanics sampai dengan system lainnya dan tugas ini akan menjadi tugas yang berkepanjangan dikarenakan game nya akan selalu berubah (online game) dan maka akan harus di seimbangkan dari setiap aspek yang ada di dalam gamenya agar game tersebut balance.

Nah secara singkat diatas adalah beberapa hal tentang tugas dari Game designer dan akan di jelaskan lebih lengkap di artikel selanjutnya ya!

Yuk terus ikuti artikel game series ini ya!

0

0

0

share