Adobe akuisisi Figma, tetap gratis atau berbayar?

Goo
Senin, 19 September 2022 pukul 11.41

Hai coders, kali ini kita akan membahas mengenai "rival" dalam hal tool desain yakni Figma dan Adobe XD yang baru saja menjadi satu keluarga. Yak, bagi yang baru tahu, Adobe baru saja membuat pernyataan resmi bahwa mereka telah mengakuisisi figma. Berbagai respon terkait hal tersebut menjadi tren di sosial media, ada yang mulai overthinking, ada yang mulai berkreasi dengan berbagai meme, dan ada juga yang berpikir langkah ini akan menjadi sebuah paket lengkap. Berikut tweet dari Adobe:

Lalu apa sebenarnya tujuan dari akuisisi ini?

Adobe menyatakan dalam laman resminya, jika kolaborasi ini akan :

Memadukan kreativitas dan produktivitas

Dengan portofolio produk Adobe dan Figma yang luas, perusahaan gabungan akan memiliki kesempatan untuk menyatukan kemampuan dalam hal bertukar pikiran, berbagi kreativitas serta berkolaborasi dalam memberikan inovasi kepada ratusan juta pelanggan.

Mempercepat kreativitas di web

Web telah menjadi platform yang dapat diakses dimanapun, hal ini tentunya akan memudahkan tim untuk berkreasi bersama. Kemampuan multi-player berbasis web Figma akan mempercepat penyampaian teknologi Creative Cloud Adobe di web, membuat proses kreatif lebih produktif dan dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Memajukan desain produk

Dengan kolaborasi Adobe dan Figma akan menguntungkan berbagai kepentingan dalam hal proses desain produk, mulai dari desainer, manajer produk, hingga pengembang. Adobe akan menghadirkan kemampuan canggih dari teknologi visualisasi, fotografi, ilustrasi, video, 3D, dan font nya ke dalam platform Figma.

Menginspirasi dan memberdayakan komunitas desainer dan pengembang

Komunitas kreatif Adobe yang dinamis telah menjadi kekuatan pendorong dalam menginspirasi inovasi berkelanjutan bagi perusahaan. Figma memiliki komunitas yang kuat dalam hal pengembangan dan berbagi seperti tutorial, template, hingga plug-in dengan ekosistem mereka yang besar dan terus berkembang. Kombinasi komunitas Adobe dan Figma akan mendekatkan desainer dan pengembang untuk membuka masa depan desain kolaboratif.

Sementara itu, menyambung pernyataan dari Adobe, secara resmi juga Figma memberikan pernyataan terkait hal tersebut melalui twitter dan laman resminya .

“Hari ini, kami mengumumkan bahwa Figma telah menandatangani perjanjian untuk diakuisisi oleh Adobe. Ini telah dikerjakan selama beberapa bulan terakhir dan saya sangat bersemangat untuk akhirnya berbagi berita ini dengan dunia.” - Dylan Field, Co-Founder & CEO Figma.

Dylan melanjutkan bahwa akuisisi ini adalah sebuah perubahan besar. Beliau juga menyampaikan rencana ke depan terkait akuisisi antara Adobe dan Figma, diantaranya:

  1. Peluang besar Figma untuk berkembang lebih cepat dan berinovasi. Dengan akses teknologi, keahlian, dan sumber daya Adobe di bidang kreatif dan inovasi, diharapkan dengan akuisisi ini akan
    menghadirkan kemampuan canggih dari teknologi visualisasi, fotografi, ilustrasi, video, 3D, dan font Adobe ke dalam platform Figma.

  2. Adobe sangat berkomitmen untuk menjaga Figma tetap beroperasi secara mandiri. Dylan menulis bahwa Figma akan dijalankan sebagaimana Figma dijalankan — terus melakukan yang terbaik untuk komunitas, budaya,
    dan bisnis. Figma akan terus digratiskan untuk pendidikan.

Kesimpulan

Sebelum akuisisi ini, Figma dan salah satu produk Adobe yakni Adobe XD menempati posisi atas sebagai tools desain yang banyak digunakan. Dengan akuisisi ini tentunya akan memberikan dampak yang besar bagi keduanya. Lalu, apakah Figma akan tetap gratis? hal tersebut masih menjadi perbincangan hangat. Co-Founder & CEO Figma, Dylan Field mengklaim jika figma akan tetap gratis, namun kita tunggu saja kelanjutannya.

Setelah tahu berita ini, apakah kamu tim tetap Figma, atau tim cari pengganti Figma nih coders?

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini