6 Tips Menjaga Semangat Ngoding

Goo
Jumat, 6 Januari 2023 pukul 14.07
Image

Hai Coders! Bagaimana kabar kodingnya?. Apakah berjalan lancar atau sudah mulai ketemu dengan error nih?. Munculnya error, bugs dan sahabatnya tentu akan membuat kepala pusing, terlebih lagi jika baru mulai belajar dan merasa tidak ada jalan keluar, rasa malas akan mudah timbul dan mulai tidak semangat lagi. Eits, jangan nyerah, ayo semangat lagi! Nah, untuk itu pada artikel kali ini akan membahas tips agar kalian kembali semangat untuk ngoding. Beberapa poin dikutip dari buku 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen R. Covey.

Langsung saja, mari kita bahas.

  1. Mulai dari Akhir

Mulai dari akhir yang dimaksudkan adalah dari pikiran kita. Stephen R. Covey meminta kita untuk memiliki pandangan yang jelas tentang tujuan. Sehingga apabila selama perjalanan karir harus melewati berbagai jenis halang rintang, Anda tidak akan goyah dalam mengambil keputusan. Sebab ada akhir tujuan yang jelas yang ingin dicapai dalam pikiran Anda.

Dengan mengingat alasan ini juga akan cukup efektif mematahkan rasa malas atau rasa ingin menyerah yang mulai menghampiri. Apakah Anda memulai ngoding karena ingin mendapatkan penghasilan berpuluh digit? Apakah karena ingin bekerja di Google? atau Apakah ingin bisa membuat usaha dengan hasil buatan website sendiri?. Selalu ada alasan ketika melakukan sesuatu, jadi temukan alasan itu lalu jadikan penyemangat ngoding Anda.

  1. Jadilah Proaktif

Ketika kita menginginkan kesuksesan dalam karir, maka kita dituntut untuk proaktif atau bertanggung jawab pada diri sendiri dalam menentukan apa yang ingin dicapai. Orang proaktif biasanya sangat mengenali yang namanya rasa tanggung jawab. Mereka tidak menyalahkan keadaan, kondisi atau pengkondisian untuk perilaku mereka. Perilaku mereka adalah produk dari pilihan sadar mereka, berdasarkan nilai, dan bukan produk dari kondisi mereka.

“You design your own history.”

  1. Dahulukan yang Menjadi Prioritas

Dengan mampu memilah kepentingan sesuai kebutuhan akan membuat Anda mampu mendahulukan mana yang penting dan harus dikerjakan terlebih dahulu. Kebiasaan yang satu ini erat hubungannya dengan manajemen waktu. Stephen R. Covey menyarankan kita untuk melakukan hal yang utama berdasarkan empat kuadran yang dibuatnya. Kuadran pertama merupakan hal yang penting serta mendesak, kuadran dua yakni berisikan hal yang penting tapi tidak mendesak, sedangkan kuadran tiga adalah hal yang tidak terlalu penting tapi mendesak dan kuadran empat berisikan hal yang tidak penting juga tidak mendesak.

Sebagai contoh dalam koding, semisal Anda kuliah dan freelance. Disaat berbarengan ada tugas kuliah dan tawaran projek dengan deadline yang berdekatan. Keduanya penting, jadi dahulukan mana yang dirasa dapat diselesaikan lebih dahulu dengan kemungkinan kesalahan atau kesulitan yang kecil lalu kemudian dilanjutkan dengan deadline yang membutuhkan waktu dan ketelitian.

  1. Bergabung dengan Komunitas Programming

“the sum is greater than the parts”

Mencari komunitas Programming untuk saling berbagi ilmu, menambah, atau menyelesaikan masalah koding bersama akan sangat membantu dalam menjaga semangat ngoding agar tetap terjaga. Pastikan untuk tetap menjaga etika dalam bertanya dan tetap sopan ya, coders. “Latar belakang berbeda akan memberikan ide-ide yang lebih beragam dan akan membuka jalan bagi solusi yang lebih kreatif dan menguntungkan” - Stephen R. Covey.

  1. Moodbooster on

Moodboster adalah sesuatu yang dapat mengubah mood atau kondisi perasaan seseorang untuk menjadi lebih semangat dalam mengerjakan sesuatu. Moodboster dapat berupa apa saja baik itu benda ataupun makhluk hidup. Dengan mengetahui hal apa saja yang dapat meningkatkan mood Anda, tentunya akan sangat membantu untuk menjaga semangat koding tetap dalam kondisi maksimal. Membaca buku favorit, playlist musik andalan, stok cemilan, meminum kopi (usahakan jangan berlebihan ya, coders), atau memasang pengharum ruangan dapat mempengaruhi mood setiap memulai aktivitas ngoding.

  1. Istirahat sejenak Jika Jenuh

Selalu ada masa dimana rasa jenuh datang menghampiri. Jika Anda merasakan hal tersebut, maka jangan paksakan dan cari kegiatan lain seperti hibernasi atau traveling. Namun sebagai catatan, hanya sementara saja ya, jangan terlalu lama dan ketika mulai membaik maka kembalilah. Ingat kembali alasan Anda mengapa memulai untuk ngoding.

Sekian 6 Tips untuk menjaga semangat ngoding. Semoga bermanfaat, dan Happy Coding!

Program Terbaru
...
Panduan Lengkap Menjadi
Full-Stack Web Developer
Program belajar online Full-stack web developer from A to Z. Cocok buat yang pengen punya karir bagus, skill dibutuhin industri, gaji tinggi dan bisa bikin web atau aplikasi buat ngembangin bisnis online sendiri
Info Terkini