5 Technology yang bakal menjadi Trend di 2023

Faisal Hanafi 6 Januari 2023

5 Technology yang bakal menjadi Trend di 2023

Hello Coders..,,. :) apa kabar nih semua, kali ini mimin mau ngasih tahu nih beberapa technologi yang bakal trend nih di tahun 2023. Berikut ini mimin akan berikan 5 Teknologi yang bakal trend di tahun 2023 yuk simak coders :)

1. Artificial Intelligence and Machine Learning

Artificial Intelligence atau AI, banyak diperbincangkan dalam dekade terakhir, dan terus menjadi salah satu tren teknologi baru karena pengaruhnya yang nyata pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain. AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi ride-sharing dan masih banyak lagi.

Selain itu, AI akan digunakan lebih lanjut untuk menganalisis interaksi guna menentukan koneksi dan wawasan yang mendasarinya, untuk membantu memprediksi permintaan layanan seperti rumah sakit yang memungkinkan pihak berwenang membuat keputusan yang lebih baik tentang penggunaan sumber daya, dan untuk mendeteksi perubahan pola perilaku pelanggan dengan menganalisis data dalam waktu dekat. real-time, mendorong pendapatan, dan menyempurnakan pengalaman yang dipersonalisasi.

Machine Learning subset dari AI, juga digunakan di semua jenis industri, menciptakan permintaan besar akan profesional yang terampil. Forrester memperkirakan AI, pembelajaran mesin, dan otomatisasi akan menciptakan 9 persen pekerjaan baru pada tahun 2025, pekerjaan termasuk profesional pemantauan robot, ilmuwan data, spesialis otomatisasi, dan kurator konten, menjadikannya tren teknologi baru lainnya.

2. Virtual Reality and Augmented Reality

Tren teknologi luar biasa berikutnya - Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER). VR membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungan mereka. Meskipun tren teknologi ini terutama digunakan untuk bermain game sejauh ini, tren ini juga telah digunakan untuk pelatihan loo.

Pada tahun 2023, kita akan dapat membuat bentuk-bentuk teknologi ini lebih berinovasi dan terintegrasi lebih jauh ke dalam kehidupan kita. AR dan VR memiliki potensi besar dalam pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran, dan bahkan dalam dunia kesehatan. Entah dapat digunakan untuk melatih dokter untuk melakukan operasi.

FunFact : 4 juta perangkat AR dan VR terjual pada tahun 2019. Pasar AR dan VR global diperkirakan akan tumbuh menjadi $209,2 miliar pada tahun 2023, dan menciptakan lebih banyak peluang dalam teknologi yang sedang tren, serta menyambut lebih banyak profesional yang siap untuk yang menggeluti pengembang AR/VR.

3. Blockchain

Meskipun kebanyakan orang memikirkan teknologi blockchain dalam kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, blockchain menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya. Dalam istilah yang paling sederhana, blockchain dapat digambarkan sebagai data yang hanya dapat kita tambahkan, tidak diambil, atau diubah. Karenanya istilah "CHAIN" itu karena kita membuat rantai data.

Tidak dapat mengubah blok sebelumnya yang membuatnya sangat aman. Selain itu, blockchain digerakkan oleh konsensus, jadi tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan data. Dengan blockchain, kita tidak memerlukan pihak ketiga terpercaya untuk mengawasi atau memvalidasi transaksi.

Jika kamu tertarik dengan Blockchain dan aplikasinya dan ingin berkarir di teknologi yang sedang tren ini, inilah saat yang tepat untuk memulai. Untuk masuk ke Blockchain, sebelum melangkah lebih jauh kita harus memiliki pengalaman langsung tentang bahasa pemrograman, dasar-dasar OOP, basis data datar dan relasional, struktur data, pengembangan aplikasi web, dan jaringan.

4. Internet of Things (IoT)

Tren teknologi baru lainnya yang menjanjikan adalah IoT. Banyak "Things/benda" sekarang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, artinya benda tersebut dapat dihubungkan ke Internet—dan satu sama lain. Oleh karena itu, disebut Internet of Things, atau IoT. Internet of Things adalah masa depan, dan telah memungkinkan perangkat, peralatan rumah tangga, mobil, dan banyak lagi untuk terhubung dan bertukar data melalui Internet. Sebagai konsumen. denga IoT Kita dapat mengunci pintu kami dari jarak jauh atau sebagainya.

Namun, dalam bisnis juga memiliki banyak keuntungan sekarang dan dalam waktu dekat. IoT dapat memungkinkan keamanan, efisiensi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk bisnis saat data dikumpulkan dan dianalisis. Ini dapat mengaktifkan pemeliharaan prediktif, mempercepat perawatan medis, meningkatkan layanan pelanggan, dan menawarkan manfaat yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Dan kita baru berada di tahap awal dari tren teknologi baru ini: Prakiraan menunjukkan bahwa pada tahun 2030 sekitar 50 miliar perangkat IoT ini akan digunakan di seluruh dunia, menciptakan jaringan besar perangkat yang saling terhubung, mulai dari smartphone hingga peralatan dapur.

Pengeluaran global untuk Internet of Things (IoT) diperkirakan akan mencapai 1,1 triliun dolar pada tahun 2023. Teknologi baru seperti 5G diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar di tahun-tahun mendatang.

5. Cyber Security

Cyber Security atau Keamanan dunia maya mungkin tidak tampak seperti teknologi yang baru muncul, karena sudah ada sejak lama, tetapi berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Itu sebagian karena ancaman selalu baru. Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus menemukan cara untuk melewati langkah keamanan yang paling sulit sekalipun. Ini juga sebagian karena teknologi baru diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan dari para peretas tersebut.

Sebagai bukti kuatnya kebutuhan akan profesional keamanan siber, jumlah pekerjaan keamanan siber tumbuh tiga kali lebih cepat daripada pekerjaan teknologi lainnya. Menurut Gartner, pada tahun 2025, 60% organisasi akan menggunakan risiko keamanan siber sebagai penentu utama dalam melakukan transaksi pihak ketiga dan keterlibatan bisnis.

Demikian adalah 5 daftar trend teknologi yang sudah mimin kumpulkan dari beberapa sumber yang mana akan diprediksi naik daun di tahun 2023, makin kesini tantangan kita semakin nyata nih coders,, yuk lebih semangat lagi dalam dalam belajarnya coders agar tidak tergerus kemajuan teknologi :)