5 Komunitas Desain Grafis di Indonesia, Wajib Tahu!

Prasatya 26 Maret 2024

5 Komunitas Desain Grafis di Indonesia, Wajib Tahu!

Pekerjaan desain grafis lumayan asik nih bro menurut gue pribadi. Mungkin di antara kalian pernah dapat materi desain grafis di sekolah. Gimana kalian suka? Jika kamu punya ketertarikan dalam dunia menggambar bisa jadi materi ajar ini jadi ladang bahasan menarik.

Jurusan desain grafis adalah pilihan tepat bagi kamu penggemar gambar. Tentu saja meskipun terlihat simpel namun pekerjaan desain grafis tidak bisa di remehkan nih bro. Untuk itu, selain belajar dengan guru, dosen atau belajar mandiri secara hard selling. Langkah solutif untuk bisa kembangkan skills desain grafis kamu yaitu dengan bergabung dengan komunitas.

Pada komunitas kamu cenderung akan mendapatkan lebih banyak relasi. Kamu bisa belajar bagaimana senior desainer membagikan kisahnya dalam memasuki dunia desain. Bahkan kamu juga bisa sharing seputar portofolio mereka sebagai acuan kamu dalam berkarya.

Okedeh sekilas sebelum kita masuk ke beberapa komunitas desain grafis di Indonesia yang wajib kamu ikuti. Kita akan kenalan dulu dengan profesi desain grafis nih bro, jangan kemana-mana simak sampai tuntas.

Profesi Desain Grafis

Desain grafis merupakan seni yang memadukan kreativitas dengan teknologi untuk menghasilkan karya visual yang bisa di katakan magic. Kira-kira apa saja pekerjaan desain grafis di industri ya? Jika kamu masih di bilang pemula maka singgah di ulasan ini adalah hal tepat.

Tugas dari seorang desain grafis di industri yaitu tentunya membuat suatu gambar visual menggunakan software komputer dengan kreatifitas tangan. Desain memiliki makna yang bisa me-representasikan sebuah pesan dalam bentuk gambar kepada audiens.

Mungkin di antara kamu juga penasaran berapa range rata-rata gaji desain grafis di industri? Jika iya maka gue akan kasih bocorannya. Ya kira-kira standar di Jakarta untuk gaji desain grafis bisa capai angka Rp 4,9 - Rp 5,5 juta perbulan. Angka yang cukup menarik nih bro, sekelas bagi kamu yang enjoy di dunia desain.

Komunitas Desain Grafis di Indonesia

Bagi kamu yang tertarik di dunia desain grafis, langkah cerdas untuk bisa kembangkan skills kamu yaitu dengan bergabung dengan komunitas. Perlu kamu ketahui nih bro, terdapat banyak sekali komunitas desain grafis di Indonesia.

Dengan bergabung di komunitas desain grafis, maka kamu akan bisa menemukan chemistry. Sehingga skills menggambar kamu bisa di katakan akan lebih berkembang dengan berbagai pelajaran dari relasi yang kamu dapat. Dalam komunitas ini kamu bisa berbagi pengalaman, pengetahuan, atau bahkan berbagi job vacancy, jadi ini hal menarik kan bro.

Desainer grafis bertanggung jawab untuk menciptakan berbagai macam visual, mulai dari logo, poster, website, hingga animasi. Jenjang karir dalam desain grafis tentu terbilang sangat luas. Kamu bisa memulai sebagai junior desainer, kemudian naik ke level mid-level dan senior desainer. Nah jika sudah naik level tentu saja rata-rata gaji desain grafis akan berbeda.

Karna profesi desain grafis ini terbilang sangat luas untuk spesialisasinya. Kamu bisa memilih akan fokus pada spesialisasi mana. Misalnya ada spesialisasi desain grafis untuk pembuatan logo, poster, produk dan sebagainya. Nah karna bahasan kita terbilang cukup luas, maka langsung ajah nih bro kita bahas komunitas desain grafis di Indonesia yang bisa kamu ikuti dan harus banget ikuti sih menurut gue.

1. Komunitas Desain Grafis di Indonesia (KDG)

Sebagai salah satu forum desain grafis terbesar di Indonesia, Komunitas Desain Grafis Indonesia (KDG) telah menjadi tempat berkumpulnya para desainer grafis dari berbagai latar belakang nih bro. KDG tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan tips desain, tetapi juga menjadi tempat untuk berdiskusi tentang tren terkini dalam industri ini.

Komunitas KDG sudah memiliki ribuan anggota untuk memperluas jaringan seputar dunia desain grafis. Pada komunitas ini juga kamu bisa mendapatkan informasi seputar freelance desain grafis atau profesi sejenisnya seperti desainer UI/UX.

Baca Juga: Kepoin Yuk Komunitas Programmer Indonesia Paling Populer

2. Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI)

FDGI kepanjangan dari Forum Desain Grafis Indonesia adalah komunitas online yang di dedikasikan untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman antara para desainer grafis di seluruh Indonesia juga nih bro. Dengan ribuan thread yang mencakup berbagai topik mulai dari teknik desain hingga perangkat lunak terbaru, wow keren.

3. Komunitas Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI)

Sebagai organisasi nirlaba yang di dedikasikan untuk memajukan industri desain grafis di Indonesia, (ADGI) atau kepanjangan dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia adalah komunitas yang menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara. Komunitas desain grafis ini biasanya menyusun acara mulai dari seminar hingga pameran, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan standar praktik desain grafis di Indonesia.

Tidak hanya bahasan seputar desain grafis namun profesi sejenisnya seperti Front-end developer atau Desain UI/UX juga bisa bergabung di komunitas ini bro. Coba aja join karena cukup menarik jika bisa ikut seminar secara gratis dan jadi punya banyak relasi deh.

4. Indonesian Creative Design Community (ICDC)

(ICDC) atau kepanjangan dari Indonesian Creative Design Community adalah komunitas yang berfokus pada mempromosikan kreativitas dalam berbagai bidang desain, termasuk desain grafis. Biasanya konunitas ini melakukan kegiatan seperti workshop, kompetisi, dan acara networking, ICDC lainnya. Tujuannya yaitu untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kolaborasi di antara para desainer grafis di Indonesia.

Profesi menjanjikan untuk yang suka desain dan gambar, ICDC juga menawarkan berbagai peluang bagi para anggotanya untuk mengembangkan keterampilan mereka dan memperluas portofolio mereka melalui proyek-proyek kreatif. Melalui kolaborasi dengan merek dan organisasi lain, para anggota ICDC dapat terlibat dalam proyek-proyek yang menarik dan menantang.

5. Bandung Design Community (BDC)

(BDC) atau kepanjangan dari Bandung Design Community adalah komunitas lokal yang berbasis di Kota Bandung dan Jawa Barat sekitarnya. Komunitas desain grafis ini di dedikasikan untuk memajukan industri terutama di bidang desain grafis di kota tersebut. Dengan menyelenggarakan pertemuan rutin, lokakarya, dan acara sosial, BDC membantu para desainer grafis di Bandung untuk terhubung, berkolaborasi, dan berkembang bersama.

Dalam kesimpulan, komunitas desain grafis di Indonesia memainkan peran yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan industri ini. Dengan menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan, membangun jaringan profesional, dan berkolaborasi pada proyek-proyek kreatif. Komunitas-komunitas desain grafis ini memungkinkan para desainer grafis untuk terus berkembang dan berkontribusi pada kemajuan industri ini dengan saling bertukar relasi.

Baca Juga: 4 Komunitas Bahasa Inggris Bantu Skills Pemrograman Kamu!

Keuntungan Bergabung dengan Komunitas Desain Grafis

Seperti yang sudah di sengol di atas, sebetulnya ada banyak sekali komunitas desain grafis di Indonesia. Nah mungkin kalian masih pada belum paham bahwa ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung dengan komunitas desain grafis, terutama bagi kamu yang hobi menggambar, di antaranya yaitu :

Mengembangkan skill Kamu bisa belajar banyak dari para desainer grafis yang lebih berpengalaman di komunitas.

Membangun koneksi Kamu bisa bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu.

Mendapatkan inspirasi dimana kamu bisa melihat berbagai macam karya desain grafis yang inspiratif.

Mencari peluang kerja, Kamu bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di bidang desain grafis.

Bagi kamu yang memiliki passion dalam desain dan gambar, tahukah kamu bahwa ada peluang karir yang menjanjikan di bidang Front-End Development? Jika belum sini gue kasih paham sekilas.

Jadi Front-End Developer bertanggungjawab untuk mendesain dan membangun tampilan website yang menarik dan interaktif. Di sini, kamu bisa menuangkan kreativitasmu untuk menciptakan website yang indah dan user-friendly.

Berbeda dengan desain grafis pada umumnya, profesi Front-end Developer bekerja untuk membuat tampilan desain website menggunakan baris code. Bagi kamu yang suka menggambar dan suka dengan logic maka profesi front-end developer juga menggiurkan nih bro.

Kenapa Front-End cocok untuk kamu yang suka desain dan gambar?

Melibatkan Kreativitas

Kamu bisa menggunakan bakat desainmu untuk membuat website yang estetik dan menarik.

Visualisasi

Kamu bisa melihat langsung hasil karyamu dalam bentuk website yang nyata.

Teknologi

Kamu bisa belajar tentang berbagai teknologi web terbaru dan terus berkembang.

Permintaan Tinggi

Permintaan untuk Front-End Developer terus meningkat seiring dengan pertumbuhan internet.

Gaji Menjanjikan

Front-End Developer merupakan salah satu profesi di bidang IT dengan gaji yang menjanjikan. .

Tertarik untuk Memulai Karir di Bidang Front-End?

Yuk, ikuti kelas Kelas Menjadi Front End Developer di sini nih bro! Katanya sih di sini kalian akan di ajarkan seputar pengetahuan programming mulai dari HTML, CSS, JavaScript, Framework Front-end hingga Responsive Web Design.

Nah buat kalian yang masih belum tahu, jadi infonya kelas di atas ini bisa cocok mulai dari pemula hingga level interermediate. Yaudah deh sampai sini dulu ya bro, semoga ulasan nya bermanfaat.