4 Bahasa Pemrograman Teratas yang Harus Pelajari di Tahun 2023

Faisal Hanafi 2 Februari 2023

4 Bahasa Pemrograman Teratas yang Harus Pelajari di Tahun 2023

Hai Coders ... :) Apa kabar nih Pada artikel ini, mimin ingin memberikan pendapat mimin tentang 5 bahasa teratas yang harus kalian pelajari di tahun 2023. Perhatikan, ini adalah hasil riset pribadi mimin dan bukan berarti itu yang terbaik, berikut adalah 5 daftar teratasnya.

  1. JavaScript

JavaScript masih menjadi bahasa yang paling populer di dunia, karena ini adalah satu-satunya pilihan yang di minati untuk pengembangan web dimasa depan, Javascript ini sangat banyak digunakan dalam backend, mobile development, machine learning and game development. Ada kutipan terkenal tentang JavaScript. “ Apa pun yang dapat ditulis dalam JavaScript, pada akhirnya akan ditulis dalam JavaScript” — Jeff Atwood . Sepertinya kutipan ini tidak bohong, dan seluruh dunia akan segera menggunakan JavaScript.

  1. Python

Python ada dalam daftar ini, karena ia juga banyak digunakan dalam web development, machine leaning, as well as data science, automation, web scraping, dll. Daftarnya cukup banyak, dan alasan mengapa Python dapat melakukan banyak hal adalah berkat besarnya jumlah library yang telah dibangun oleh komunitasnya. Python juga sangat ramah bagi pemula, dan banyak orang yang memulai coding untuk pertama kali, memilih Python sebagai bahasa pertama mereka. mimin percaya bahwa popularitas Python tidak akan berkurang dalam waktu dekat, yang membuatnya menjadi pilihan yang mudah untuk dipelajari dan tidak khawatir bahasanya akan mati.

  1. Go

mimin biasanya mengatakan bahwa jika Go adalah seorang anak, orang tuanya pastilah Python dan C. Go memiliki sintaks yang sangat mudah diikuti seperti halnya Python, tetapi sangat cepat seperti halnya C. Go digunakan di banyak area seperti mengembangkan server yang dapat diskalakan dan sistem perangkat lunak yang besar. mimin pribadi percaya bahwa itu adalah bahasa masa depan.

  1. Java

Meskipun mimin bukan penggemar Java, namun mimin harus akui bahwa Java masih menjadi salah satu bahasa terpopuler di tahun 2023, digunakan dalam pengembangan android, aplikasi desktop, pengembangan web, machine learning, dan banyak lagi. Java Ini memiliki sintaks yang cukup ketinggalan zaman menurut mimin, tetapi yang dilakukannya dengan baik adalah mengajarkan OOP (Pemrograman Berorientasi Objek) dengan memaksa kita untuk menggunakannya dan menggunakannya dengan baik. mimin mungkin akan merekomendasikan belajar Java terlebih dahulu jika mimin akan berbicara dengan seorang pemula, karena mimin percaya bahwa Java dapat mengajarkan dasar-dasar pemrograman jauh lebih baik daripada sesuatu seperti Python.