10 Tools Populer untuk Belajar Jadi Hacker Pemula

Faisal Hanafi 9 Oktober 2022

10 Tools Populer untuk Belajar Jadi Hacker Pemula

Hai Coders..,, :) kali ini mimin gak bahas soal programming dulu nih hehehe, hari ini mimin akan meng-share 10 tools untuk belajar jadi hacker pemula, eeittss jangan salah tanggap dulu seorang developer juga sedikit atau banyaknya harus paham juga lo soal dunia hacking agar ketika kita membuat sebuah program bisa sedikit meminimalisir celahnya, okay tanpa berlama-lama yuk simak dibawah ini.

1.Nmap

Singkatan dari Network Mapper, tools dengan sumber terbuka ini digunakan secara luas untuk mengatur tes jaringan dan tinjauan keamanan. tools port-scan adalah fitur yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dengan mengirimkan paket mentah ke port sistem. dengan respon hasil dari scanning kita dapat menentukan apakah port terbuka, tertutup, atau disaring. Proses ini juga dikenal sebagai port discovery atau port enumeration.

2.Burp Suite

Burp Suite adalah kerangka kerja penetrasi web berbasis Java, banyak digunakan oleh para hacker profesional untuk mengidentifikasi kerentanan dan memverifikasi vektor serangan untuk aplikasi berbasis web. Burp Suite pada dasarnya bertindak sebagai proxy intersepsi, yang menafsirkan semua permintaan dan tanggapan ke dan dari aplikasi web target. Selain memiliki fungsi dasar, alat ini dilengkapi dengan fungsi lanjutan seperti spider, repeater, decoder, comparer, extender, dan sequencer.

3.Wireshark

Wireshark adalah tools yang bersifat Open Source yang memungkinkan kita menganalisis lalu lintas jaringan secara real-time. Wireshark dikenal luas karena teknologi sniffingnya, yang dapat mendeteksi masalah keamanan di jaringan apa pun dengan pemecahan masalah jaringan umum. Dengan Wireshark, dimungkinkan untuk membaca dan mencegat hasil dalam format yang dapat kita baca , sehingga memungkinkan untuk mengidentifikasi ancaman terlebih dahulu. Mendukung hingga 5000 protokol jaringan dan tersedia untuk semua sistem operasi utama.

4.Metasploit

Metasploit adalah salah satu project keamanan siber yang bersifat Open Source, tools ini biasanya digunakan untuk menemukan kerentanan dari sebuah aplikasi . Karena Metasploit Framework ditulis dalam bahasa Ruby, mudah untuk mengembangkan, menguji, dan mengexploitasi, serta menghasilkan peningkatan produktivitas pentester. dan juga dapat menunjukkan resiko melalui validasi kerentanan loop tertutup, dan mengukur kesadaran keamanan melalui email phishing yang disimulasikan.

5.John The Ripper

John The Ripper adalah salah satu alat keamanan yang sering digunakan untuk menguji kekuatan kata sandi, yang bekerja di sekitar 15 sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. tools ini biasanya digunakan untuk meretas kata sandi, karena tools menggabungkan berbagai fitur ke dalam satu paket. tools ini juga menggunakan teknologi brute force untuk memecahkan kode kata sandi dan dapat mengubah algoritme dalam pengujian kata sandinya.

6.Aircrack-ng

Aircrack-NG adalah suite keamanan penilaian Wi-Fi yang diterapkan untuk pemeriksaan keamanan di rumah dan perusahaan. Fungsionalitas dasarnya terletak pada paket sistem yang memecahnya dan menggunakannya untuk membagi Wi-Fi. Suite ini menggabungkan bantuan penuh untuk sistem 802.11 WEP dan WPA-PSK dengan antarmuka berbasis terminal, bersama dengan fitur lainnya seperti dukungan untuk mode migrasi WPA, kecepatan pemisahan cepat, dan rekonsiliasi dengan peralatan luar.

7.Sqlmap

sqlmap adalah alat pengujian penetrasi open source yang mengotomatiskan proses mendeteksi dan mengeksploitasi kelemahan injeksi SQL dan mengambil alih server database. banyak fitur khusus untuk dapat digunakan penguji seperti pengambilan data dari basis data, hingga mengakses sistem file yang mendasarinya dan menjalankan perintah pada sistem operasi melalui out- koneksi band

8.Hydra

Hydra adalah cracker login paralel yang mendukung banyak protokol untuk menyerang. Ini sangat cepat dan fleksibel, dan modul baru mudah ditambahkan, tools ini memungkinkan peneliti dan konsultan keamanan untuk menunjukkan betapa mudahnya mendapatkan akses tidak sah ke sistem dari jarak jauh.

9.Ettercap

Ettercap adalah salah satu tools yang komprehensif dilengkapi dengan fitur-fitur yang mencakup pemindaian dengan koneksi langsung serta pemfilteran konten dengan cepat, tools ini memiliki antarmuka GUI dan fitur eksekusi dengan baris perintah. tools ini cukup luas dikenal karena analisis jaringan dan kemampuannya untuk membedah protokol.

10.WPScan

WPScan adalah tools pemindai keamanan WordPress yang bersifat open source. kita dapat menggunakannya untuk memindai situs web WordPress yang kita kelola untuk mengetahui kerentanan dalam inti WordPress, dari plugin dan tema WordPress yang populer.

Demikian adalah beberapa tools yang cukup populer yang dapat digunakan untuk belajar tentang dunia hacking, sedikit pesan dari mimin untuk yang saat ini belajar hacking ataupun sedikit banyaknya sudah mendalaminya, apabila menemukan sebuah celah dari sebuah aplikasi yang ditest alangkah baiknya untuk dilaporkan kepada pengelolanya agar dapat meningkatkan keamanannya, jadilah white hat untuk menjaga sistem negara kita. semangat Coders :)